Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Jakarta Gratis, Melihat Jakarta Skycrapers dengan Bus Tour City BW4

Kompas.com - 03/02/2020, 14:30 WIB
Andra Prabasari,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Ingin berkeliling Jakarta untuk melihat indahnya perkotaan dengan gedung-gedung pencakar langit?

Jangan khawatir, kini di Jakarta sudah terdapat fasilitas Bus City Tour yang melayani warga untuk berjalan-jalan menghabiskan waktu dengan melihat suasana ibu kota secara gratis.

Bus wisata ini dilengkapi dengan bus dua tingkat dan fasilitas AC yang membuat penumpang menikmati perjalanan.

Bus Wisata ini terbagi menjadi tujuh jenis bus yaitu Tour destinasi History of Jakata (BW1), Jakarta Modern (BW2), Art and Culinary (BW3), Jakarta Skyscrapers (BW4), Jakarta Open Space (BW5), Jakarta Heritage (BW6), dan Jakarta Shopping (BW7).

Baca juga: Itinerary 1 Hari Naik Bus Tingkat Wisata Rute History of Jakarta

Kali ini Kompas.com menjajal menaiki Bus City Tour “Jakarta Modern”. Dengan menaiki bus ini, kamu akan diajak berkeliling di perkotaan ibukota dengan disuguhkan pemandangan gedung-gedung pencakar langit.

Untuk rute Bus Tour BW4 memiliki pemberhentian di Juanda/Masjid Istiqlal, Monas 1, Monas 2, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Sudirman/Dukuh Atas, Karet, Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Dukuh Atas, Plaza Indonesia, Museum Nasional, lalu berakhir di Juanda/Monas.

Salah seorang penumpang mengaku senang saat pertama kali naik bus tingkat ini.

"Baru pertama kali saya naik bus tingkat sama anak saya yang masih (berumur) dua tahun ini, kan lagi lowong waktunya pengin jalan-jalan aja ke Jakarta, busnya nyaman, AC nya juga mendukung," kata Feranie yang merupakan salah satu penumpang dari Lampung.

Lalu apa saja yang bisa kita lihat dengan menaiki bus ini?

Menuju ke Sarinah, kamu akan melewati rute Jalan M.H. Thamrin, di sekitaran jalan ini kamu akan diperlihatkan gedung pencakar langit seperti Menara Topas, Wisma Nusantara, Hotel Indonesia, Mall Plaza Indonesia, dan lain-lain.

Bus juga akan lewat bundaran HI yang dihiasi patung Selamat Datang serta terdapat air mancur yang mengelilingi patung tersebut.

Baca juga: Kini Hadir Hotel Kapsul Berjarak 5 Menit dari Bundaran HI

Patung Bundaran HI dibuat untuk menyambut para peserta Asean Games pada era Ir. Soekarno, patung ini sampai sekarang menjadikan ikon kota Jakarta.

Tak lama kemudian kita menuju di Gedung Sarinah. Sarinah merupakan suatu tempat pusat perbelanjaan atau mall pertama yang berdiri di kota Jakarta, yang dibuat dan diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tahun 1972.

"Saya kan punya hobi fotografi, jadi saya lagi pengin foto-foto gedung di sekitaran Thamrin dan Sudirman, jadi nanti saya sama teman saya ini akan turun ke Sarinah untuk melihat-lihat kawasan ini sekalian jalan-jalan pokoknya," tutur Dodi salah satu penumpang.

''Biasanya kalau weekend bus ini pasti rame, rata penumpang, dan rata-rata mereka terutama yang anak-anak muda itu turun di kawasan Sarinah, kan di situ ada taman sama wisata kuliner gitu di Thamrin 10, jadi mereka turun di Sarinah dan jalan sebentar untuk menuju ke lokasi itu," tutur Ahmad, pegawai bus wisata Jakarta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com