Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Durian Tipe Musang King, 101, 14, dan 99, Seperti Apa Rasanya?

Kompas.com - 04/02/2020, 22:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com -Durian jadi salah satu buah dengan varietas terbanyak di dunia, dan sebagian besarnya terdapat di Indonesia. Salah satu perkebunan durian di Indonesia adalah GK Durian. 

GK Durian memiliki kebun di Pekanbaru, Riau, dan menanam berbagai varietas durian dengan bibit yang berasal dari Malaysia. Kompas.com berkesempatan untuk mencicipi beberapa varietas durian dari hasil panen kebun GK.

Setiap varietas durian di dunia biasanya memiliki rasa yang berbeda satu sama lain. Empat varietas yang kami cicipi kali ini adalah tipe musang king, 101, 14, dan 99.

Baca juga: Durian dengan Berat 9,6 Kilogram, Si Jampang Montong Sempelai dari Pontianak

1. Durian tipe musang king

Durian musang king sekarang ini memang sedang jadi yang terdepan. Banyak orang bilang, tipe ini adalah durian yang terbaik saat ini. Dagingnya berwarna kuning oranye. Banyak yang menyebutnya raja kunyit karena dianggap mirip dengan warna kunyit.

Baca juga: Durian Musang King, Durian Manis dengan Daging Legit dan Creamy

Rasa dari durian musang king ini sangat manis, dengan sedikit semburat pahit di ujung lidah. Dagingnya tebal, dengan tekstur yang cukup lembut. Bijinya juga kecil dan pipih.

Durian tipe musang king dari GK Durian yang dijual di area Jakarta biasa dijual dengan harga sekitar Rp 280.000 per kilogram.

2. Durian tipe 101

Durian tipe 101 jadi yang selanjutnya kami rasakan. Durian dengan tipe ini memiliki karakteristik warna oranye yang cukup mencolok.

Aroma dari durian tipe ini cukup kuat. Berbeda dari durian biasanya, ada sedikit aroma nanas yang manis dan vanila dari durian ini.

Tekstur dagingnya sangat lembut dan tebal, seperti mentega. Rasanya manis, tidak ada rasa pahit sama sekali. Bagi kamu yang memang menyukai durian legit, tipe 101 ini bisa jadi pilihan.

Durian tipe 101 di GK Durian biasa dijual dengan harga sekitar Rp 150.000 per kilogram.

3. Durian tipe 14

Selain tipe 101, kamu yang menyukai durian manis dan tidak pahit bisa mencoba durian tipe 14. Bedanya, aroma dari durian tipe 14 ini tidak sekuat tipe 101. Bijinya juga relatif besar sehingga dagingnya tidak terlalu tebal, tetapi tetap lembut.

Baca juga: Nikmat Legit Durian Musang King di Lhokseumawe, Mau Coba?

Rasa dagingnya manis dan ada beberapa bagian yang agak hambar. Cocok untuk kamu yang suka durian yang tidak terlalu manis. Di ujung indera perasa, kamu akan mengecap sedikit aroma kacang-kacangan yang earthy. Itu jadi keunikan tersendiri dari durian tipe 14 ini.

Durian tipe 14 di GK Durian dijual dengan harga sekitar Rp 150.000 per kilogram.

4. Durian tipe 99

Jika kamu menyukai durian yang sedikit pahit, selain musang king, durian tipe 99 juga bisa jadi pilihan. Durian tipe 99 ini memiliki daging yang tak setebal musang king, tetapi tetap cukup lembut. Rasanya manis, tetapi tidak terlalu legit. Rasa pahitnya cukup kuat.

Durian tipe 99 di GK Durian dijual dengan harga sekitar Rp 150.000 per kilogram.

Baca juga: Berusia 1 Abad, Durian Kunyit dari Kalimantan Pemenang Kontes Durian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com