Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candi Prambanan Viral di Twitter, Ini 5 Spot Foto Keren Candi Prambanan

Kompas.com - 05/02/2020, 12:45 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah ini tengah viral, menjadi perbincangan di Twitter. 

Baca juga: BUMN Ini Usul Bangun Kereta Gantung dari Candi Prambanan ke Ratu Boko

Candi ini menyimpan beribu keindahan dan membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung kembali. Keindahan stupa dan relief yang ada di sana juga membuat wisatawan untuk mengabadikannya dalam foto ataupun video.

Namun tak jarang foto yang kita ambil tidak sesuai ekspektasi. Jangan khawatir, pasalnya kawasan Candi Prambanan memiliki beberapa tempat atau spot foto yang apik untuk memotret candi dari abad ke 8 Masehi ini agar tampak semakin keren.

Kompas.com merangkum 5 spot foto Candi Prambanan di antaranya Spot Riyadi, Spot Candi Nandi, Spot Bu Ani, Spot Reruntuhan Candi Perwara, dan Spot Syiwa Mandala. Kamu hanya perlu mencari spot-spot berikut ini dan tinggal menunggu hasil apiknya.

 

Candi Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.

1. Spot Riyadi

Spot paling populer bagi wisatawan Candi Prambanan untuk memotret adalah Spot Riyadi. Spot ini terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Jika kamu dari Kota Yogyakarta, jarak tempuhnya adalah sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh satu jam.

Spot Riyadi menawarkan potret keindahan Candi Prambanan dari jarak 2.200 meter dari atas ketinggian sekitar 200 mdpl ini.

Kamu bisa melihat pemandangan terbuka ke arah utara yang tersuguhkan begitu jelas, dan tentunya Candi Prambanan termasuk di dalam pemandangan itu.

Meski jarak 2,2 kilometer terbilang jauh, namun kamu masih dapat menikmati keindahan dan kemegahan Candi Prambanan dari sini.

Jika kamu menggunakan kamera dari gawai atau smartphone, Candi Prambanan masih tampak kecil, namun jika membawa kamera profesional dengan berlensa zoom atau tele hasil lebih baik akan kamu dapat.

Memotret Candi Prambanan di spot ini juga disarankan pada malam hari agar dapat hasil maksimal. Dengan cahaya lampu penerangan candi akan membuat keindahan dan kemegahan bangunan tampak lebih gemerlap.

Potret Candi Prambanan diambil dari Candi Nandi.Utik Margarini Potret Candi Prambanan diambil dari Candi Nandi.

2. Spot Candi Nandi

Spot kedua yang menghasilkan foto apik Candi Prambanan adalah Candi Nandi. Candi ini merupakan salah satu candi pengiring di depan tiga candi utama Prambanan.

Saat kamu di pintu masuk candi akan melihat sebuah gapura kecil yang berhadapan langsung ke tiga candi tersebut.

Kamu bisa mengambil foto dari belakang gapura itu, dengan berfokus pada gambar tiga candi utama. Kamu bisa mengambil teknik framming pada gapura dan menghasilkan foto yang indah dan memukau.

Namun perlu diingat, kamu harus membawa lensa wide agar tiga candi tersebut dapat terlihat jelas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com