Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan ke Pasar Bunga Rawa Belong, Buka 24 Jam di Jakarta

Kompas.com - 05/02/2020, 15:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah keramaian Ibu Kota, terdapat pasar bunga yang menawarkan macam-macam jenis bunga dan buka 24 jam.

Apalagi kalau bukan Pasar Bunga Rawa Belong. Pasar bunga terbesar se-Asia Tenggara ini terletak di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca juga: Tempat Gratis untuk Membuat Skripsi dan Tugas di Jakarta, Pasar Buku Kenari

Ketika sampai di dalam pasar, pengunjung akan disodorkan pemandangan hamparan bunga yang luas bagaikan taman bunga sungguhan.

Para pedagang sengaja menggelar bunga-bunganya di area tengah pasar agar pengunjung bisa langusng melihat dan mencari bunga yang diinginkan.

Bunga yang ditawarkan sangat beragam, mulai bunga dari perkebunan lokal hingga bunga impor. Ada bunga krisan, aster, anggrek, peacock, snapdragon, dan garbera.

Lalu ada baby breath, sedap malam, lili, teratai, gladiol, bunga jengger ayam, casablanca, tulip, dan masih banyak jenis bunga lainnya.

Tak ketinggalan, terdapat jenis mawar yang didatangkan dari Malang dan Bandung. Mawar yang ditawarkan tidak hanya berwarna merah, tetapi ada juga yang berwarna putih, pink, oranye, kuning, bahkan biru dan rainbow atau warna-warni.

Baca juga: Serba Mawar di 5 Tempat Wisata Indonesia Ini

Terdapat bunga bunga peacock dengan harga Rp 60.000 per ikat, lalu ada bunga krisan dengan harga Rp 120.000 per ikat. Deretan mawar yang didatangkan dari Malang dan Bandung juga dijajakan.

Baca juga: Jangan Ketinggalan, Ini Jadwal Bunga Sakura Mekar di Jepang Tahun 2020

Terdapat mawar merah dari Malang yang harganya Rp 30.000 per ikat pada hari biasa dan mawar merah dari Bandung yang harganya Rp 70.000 per ikat, jika tidak dalam rangka hari besar.

Untuk mawar rainbow, harganya bisa mencapai Rp 250.000 per ikat, satu ikatnya terdiri dari 20 tangkai.

salah satu kios yang menjual perlengkapan dekor pernikahan di Pasar Rawa BelongKompas.com / Gabriella Wijaya salah satu kios yang menjual perlengkapan dekor pernikahan di Pasar Rawa Belong

Selain itu, bunga yang tidak kalah populer yaitu bunga matahari yang dihargai Rp 5.000 per tangkai.

Lalu, juga ada bunga casablanca yang dihargai Rp 135.000 per ikat. Hingga ada bunga tulip dan bunga anggrek impor dari Thailand.

"Ada anggrek dendrobium impor dari Thailand per ikat Rp 120.000, kalau lokal Rp 80.000," papar Yamin, penjual anggrek, saat ditemui di Pasar Bunga Rawa Belong, Selasa (4/2/2020).

Selain itu, juga ada anggrek jenis kalajengking dengan warna merah dan putih. Lalu ada bunga anyelir atau carnation yang dihargai per ikatnya Rp 35.000.

Pasar Bunga Rawa Belong dibagi menjadi dua bangunan, terdapat blok A dan B untuk bunga yang basah dan bunga hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com