Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2020, 15:30 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Hamparan bunga cantik menghiasi pasar bunga terbesar se-Asia Tenggara ini.

Layaknya kebun bunga sungguhan, bagian dalam Pasar Bunga Rawa Belong terdapat banyak kios yang menggelar bunga dagangannya.

Baca juga: Wisata Terbaru di Malang, Berfoto dengan 700 Jenis Bunga di Florawisata San Terra

Lapak bunga yang terdapat di dalam Pasar Bunga Rawa Belong menawarkan macam-macam bunga. Terdapat bunga krisan, aster, anggrek, peacock, snapdragon, garbera.

Lalu ada baby breath, sedap malam, lili, teratai, gladiol, bunga jengger ayam, casablanka, hingga tulip, dan masih banyak jenis bunga lainnya.

Ada juga jenis mawar yang didatangkan dari Malang dan Bandung. Bukan hanya merah, ada juga mawar berwarna putih, pink, oranye, kuning, bahkan biru, dan rainbow.

Untuk harganya bisa terbilang terjangkau. Berikut hal-hal yang sebaiknya diperhatikan saat berbelaja di Pasar Bunga Rawa Belong:

1. Perhatikan hari

Suasana di Pasar bunga Rawa BelongKompas.com / Gabriella Wijaya Suasana di Pasar bunga Rawa Belong

Bunga yang didatangkan ke Pasar Bunga Rawa Belong berasal dari Bandung, Cipanas, Malang, dan beberapa daerah lainnya. Kendaraan pengangkut bunga biasanya datang pada Rabu malam dan Minggu malam.

Baca juga: Saatnya Berwisata ke Yogyakarta, Bunga Amarilis Patuk Mulai Mekar

"Biasanya hari itu bunga-bunga yang baru berdatangan, lalu yang sudah mulai layu diganti dengan yang lebih baru dan segar," papar Dadun salah satu penjual bunga saat di temui oleh Kompas.com, Selasa, (04/02/2020).

Jika kamu ingin mendapatkan bunga yang baru dan segar kamu bisa datang ke Pasar Bunga Rawa Belong pada hari Senin dan Kamis pagi. Biasanya bunga mulai berdatangan dari daerah-daerah pemasok sejak pukul 22.00 hingga 03.00 dini hari.

Namun bukan berarti jika bunga yang tidak baru memiliki kualitas yang buruk. Bunga yang ditawarkan tetap awet karena bagian bawahnya direndam dengan air.

Selain itu juga pedagang akan mengganti bunga yang lama dengan yang baru jika dinilai sudah mulai layu. Sehingga pembeli ditawarkan bunga dengan kualitas yang baik.

2. Jenis mawar yang berbeda

Bunga mawar dari Malang yang dijual di Pasar Bunga Rawa BelongKompas.com / Gabriella Wijaya Bunga mawar dari Malang yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong

Mawar yang ada di pasar bunga ini berasal dari dua daerah ada yang dari Bandung dan dari Malang. Keduanya memiliki warna dan harga yang berbeda-beda.

Baca juga: Jangan Ketinggalan, Ini Jadwal Bunga Sakura Mekar di Jepang Tahun 2020

Untuk membedakannya, mawar merah dari Malang memiliki warna yang lebih tua cenderung berwarna maroon dan terdapat bercak hitam di ujung kelopaknya. Jika mawar merah yang berasal dari Bandung memiliki warna merah terang atau merah menyela. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com