Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koper Hard Case Lebih Baik Diisi Banyak Barang, Mengapa?

Kompas.com - 06/02/2020, 23:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pelancong yang memilih untuk membawa sedikit barang bawaan demi menghindari pembelian bagasi ekstra.  Namun jika kamu membawa koper hard case atau lapisan luar yang keras, ada baiknya diiisi penuh. 

Sebab alih-alih terhindar dari mengeluarkan uang bagasi ekstra, mengemas sedikit barang dalam koper hard case mungkin dapat membuatmu mengeluarkan uang lebih banyak.

“Untuk koper hard case memang lebih disarankan untuk kalau bawa barang itu dipenuhi saja (isi kopernya) agar (penutup koper hard case) tidak masuk ke dalam karena koper terasa kopong,” kata Brand Manager Kipling Indonesia Sara Batubara saat ditemui Kompas.com pada peluncuran koleksi terbaru koper hard case Kipling di mal Kota Kasablanka, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Koper untuk Bisnis dan Jalan-jalan, Apa Bedanya?

“Semua koper memang sebenarnya disarankan untuk diisi penuh (oleh barang bawaan). Terlebih lagi koper yang berukuran besar,” tambahnya.

Menurutnya, pengisian koper hard case yang dipenuhi dengan barang bawaan merupakan antisipasi dari rusaknya koper karena tertindih barang berat atau tidak sengaja terinjak orang.

Beberapa koper memang memiliki penutup yang meski terinjak atau tertindih, bisa kembali ke keadaan semula. Akan tetapi, Sara mengatakan ada baiknya kamu menghindari hal tersebut dari awal.

Cara pemenuhan isi koper hard case agar padat ada cara tersendiri.

Untuk pakaian, Sara menyarankan sebaiknya kamu menggulungnya dan tidak melipatnya agar kamu bisa memanfaatkan seluruh ruang di dalam koper hard case dengan berbagai macam pilihan pakaian.

Agar kamu lebih mudah dalam mengorganisir peletakkan barang-barang bawaan, Sara menganjurkan agar kamu membuat kompartemen agar isi koper lebih rapih. Lalu untuk pemanfaatan ruang lain, Sara menyarankan kamu untuk memanfaatkan ruang di dalam sepatu.

“Paling susah itu kan kalau traveling bawa sepatu ya. Nah, di dalam sepatu (yang sudah bersih baik bagian dalam maupun luar) itu bisa kamu selipkan pakaian dalam atau barang yang lain agar koper muat banyak barang dan agar lebih packed,” tutur Sara.

Baca juga: Tips Memilih Koper untuk Liburan

Dengan ada ruang banyak karena pakaian dalam atau barang lain dimasukkan ke dalam sepatu, kamu bisa memanfaatkan ruang lain di dalam koper hard case untuk menaruh peralatan mandi. Meski begitu, untuk peralatan mandi sendiri lebih baik kamu membawa ukuran kecil.

“Untuk sisanya (peralatan mandi), kalau ruang di dalam koper hard case tidak muat, kamu bisa selipkan (peralatan mandi) ke dalam kantung-kantung baju atau celana supaya tidak terlalu makan tempat.” Kata Sara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com