Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini, Kunjungi Festival Cap Go Meh dan Tatung Singkawang

Kompas.com - 08/02/2020, 07:40 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Cap Go Meh identik dengan perayaan akhir dari Hari Raya Imlek. Perayaan ini terasa meriah di salah satu kota di Indonesia--Singkawang.

Tahun ini, Singkawang menyelenggarakan Festival Cap Go Meh Singkawang 2020 mulai dari 23 Januari-9 Februari.

Baca juga: Kemenparekraf yakin Festival Cap Go Meh Singkawang Datangkan Wisatawan

Sekretaris Umum Panitia Festival Imlek dan Cap Go Meh 2020 Singkawang, Bong Cin Nen mengatakan, sebenarnya rangkaian acara Imlek dan Cap Go Meh sudah dimulai tanggal 17 Januari 2020. 

Namun, rangkaian besarnya baru dimulai 23 Januari-9 Februari mendatang.

"Puncak acara Cap Go Meh itu tanggal 8 Februari, hari Sabtu ada Festival Tatung yang terdiri dari pawai Tatung, ritual altar, dan proses lelang pada malam harinya," kata Bong ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (6/2/2020).

Baca juga: Apa Itu Cap Go Meh, dan 5 Fakta Menarik Lainnya...

Festival Tatung merupakan ikon utama perayaan Cap Go Meh di Singkawang.

Menurut Bong, tahun ini akan ada 847 tatung dari Singkawang serta beberapa daerah lainnya di luar Singkawang seperti Pontianak, Sungai Pinyuh, Bengkayang, dan Pemangkat.

Aksi para Tatung dalam Cap Go Meh 2569 di Singkawang, Kalimantan Barat (2/3/2018).KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Aksi para Tatung dalam Cap Go Meh 2569 di Singkawang, Kalimantan Barat (2/3/2018).
Tak hanya itu, negara tetangga Malaysia juga akan mengisi acara dengan membawa 11 Tatung yang dimilikinya.

Bong melanjutkan, ritual cuci jalan yang ada dalam rangkaian Festival Tatung akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya di Jalan Diponegoro.

Sebelumnya, perayaan Cap Go Meh Singkawang 2020 sudah dibuka pada Senin (3/2/2020) dengan pembukaan berisi pameran Expo dan UKM.

Baca juga: 5 Fakta tentang Perayaan Cap Go Meh di Singkawang

"Rangkaian acaranya itu ada acara pagelaran seni multietnis dari semua paguyuban di Kalbar, mengundang artis juga dalam acara hiburan rakyat, ada replika pagoda terbesar yang akan memecahkan rekor MURI, dan ada kontes pemilihan Hakka Ako Amoi 2020. Selain itu ada juga lomba seni atraksi naga," tambah Bong.

Pengunjung juga bisa melihat replika pagoda setinggi 20,20 meter dengan ukuran 2.020 meter persegi. Replika pagoda ini ditargetkan akan memecahkan rekor MURI.

Festival Cap Go Meh akan ditutup pada Minggu (9/2/2020) malam bertempat di Stadion Kridasana, Singkawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com