Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bogor Street Festival CGM Sukses Terlaksana, Pemprov Jabar Siap Guyur Rp 30 Miliar

Kompas.com - 09/02/2020, 17:50 WIB
Farhanah,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) telah berlangsung sukses dan meriah pada Sabtu (8/2/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) siap mengucurkan dana Rp 30 miliar rupiah untuk acara Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) selanjutnya.

Menurut Ridwan Kamil, dana itu akan dipergunakan untuk perbaikan Jalan Suryakencana Bogor, Jawa Barat, tempat berlangsungnya CGM 2020 yang telah berlangsung sukses dan meriah kemarin.

“Pemprov menghibahkan anggaran Rp 30 miliar sebagai bentuk dukungan. Jadi kalau saya datang lagi tahun depan, sudah ada perbaikan signifikan, seperti peningkatan konten, suasana jalan lebih berkualitas, dan akhirnya pariwisata meningkat,” ujar Ridwan, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Dengan perbaikan, Jalan Suryakencana nantinya akan menjadi jalan terbaik di Kota bogor, sama seperti Jalan Malioboro Yogyakarta atau Jalan Asia Afrika Bandung.

Baca juga: Warga dari Bekasi Sengaja Datang ke Bogor untuk Lihat Perayaan Cap Go Meh

Ridwan Kamil atau kerap disapa Kang Emil pun berharap, dengan perbaikan jalan tersebut, acara CGM berikutnya akan lebih baik.

“Tidak hanya festivalnya saja, konteks latarnya, fisik jalannya juga kita perbaiki, sehingga sangat nyaman nantinya,” kata Kang Emil.

Potensi CGM 2020 menjadi event berkelas dunia

CGM 2020 sendiri masuk dalam 100 Calendar of Event Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam keterangannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio sangat mengapresiasi keberhasilan acara CGM 2020.

Ia menilai acara tersebut berkualitas baik dan berpotensi mencadi acara berkelas dunia.

Baca juga: Uniknya Perayaan Cap Go Meh Zaman Dulu, Bedakah dengan Masa Kini?

“Ke depan saya berharap konten, penataan, hingga penyelenggaraan jauh lebih baik. Kalau bisa pesertanya kami support agar lebih berwarna sehingga memunculkan diferensiasi tersendiri dibandingkan dengan event lainnya,” kata Wishnutama.

Wishnutama pun menyadari, setiap event merupakan cara efektif untuk mempromosikan pariwisata Indonesia kepada dunia. Untuk itu, ia berharap kualitas acara CGM dan gelaran acara-acara lain dapat terus ditingkatkan.

“Saya ingin acara Cap Go Meh ini kita tingkatkan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Saya sebagai menteri terus mensupport dan mendorong event-event dan menurut saya ini salah satu event yang paling berhasil,” katanya.

Sebagai informasi, gelaran acara Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 telah di selenggarakan pada Sabtu (8/2/20) kemarin di Jalan Suryakencana Bogor. Acara ini sukses menampilkan berbagai atraksi perpaduan antara budaya Tionghoa dan Sunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com