Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Perjalanan ke Arab Saudi Tidak Terkena Dampak Wabah Virus Corona

Kompas.com - 14/02/2020, 17:50 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona yang terjadi di beberapa negara tidak berdampak bagi agen perjalanan wisata untuk umrah dan haji. Rute perjalanan dari Jakarta ke Arab Saudi masih terbilang aman untuk wisatawan.

Direktur Utama Syawal Travel Aidil Muchammad mengatakan, dampak virus tersebut hingga kini lebih kepada sistem pengecekan kesehatan jemaah sebelum keberangkatan.

"Kalau dibilang ada dampak ini implikasinya kami lakukan medical check up sebelum berangkat. Kami tegaskan ke jemaah perlu ada pengecekan kesehatan apa tidak. Karena kalau dari sisi lokasi ibadah umrah di sana belum ada yang terdampak," kata Aidil kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Tips Mengajak Anak Ibadah Umrah, Bekali dengan Kebutuhan Khusus

Aidil melanjutkan, pemerintah RI juga belum memberikan travel warning ke Arab Saudi maupun ke beberapa negara yang menjadi transit, seperti Dubai dan Oman.

Hal ini membuat perjalanan penerbangan ke Arab Saudi, baik untuk umrah maupun berwisata masih ramai pelanggan.

Aidil menjelaskan, jemaah atau pun wisatawan yang menjadi pelanggannya juga tidak ada yang memiliki ketakutan dengan wabah virus corona karena belum adanya peringatan di Arab Saudi.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Mekkah dan Jeddah, Cocok untuk Wisata Setelah Umrah

"Alhamdulillah semua schedule masih berjalan lancar, artinya animo pendaftaran umrah masih tinggi, bahkan yang jemaah baru pun enggak ada yang menanyakan soal ketakutan itu," jelasnya.

"Semua masih berjalan biasa saja," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com