Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Festival Food Truck Terbesar di Dunia?

Kompas.com - 16/02/2020, 07:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

Sumber tatnews

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand, Tourism Authority of Thailand (TAT), dan Food Truck Club Thailand akan mengadakan “World’s Largest Parade of Food Trucks” pada 7 – 8 Maret 2020.

Menurut laman Tatnews.org, festival tersebut akan diadakan di Lakeside, IMPACT Muang Thong Tani sebagai upaya memecahkan rekor di Guiness World Record.

Rekor festival food truck terbesar saat ini masih dipegang oleh festival yang diadakan di Florida, Amerika Serikat pada 29 Maret 2014. Dalam festival tersebut, terdapat 121 food truck yang ikut berpartisipasi.

Baca juga: Mie Sapi Michelin di Bangkok Gunakan Kaldu yang Sama Selama 40 Tahun

Sementara itu, festival yang diadakan Thailand itu akan menghadirkan lebih dari 200 food truck.

“Acara ini merupakan bagian dari rencana untuk mempromosikan pariwisata gastronomi Thailand dan untuk memberi inspirasi kepada wisatawan agar mereka lebih banyak melakukan perjalanan ke komunitas lokal demi merangsang ekonomi lokal,” tutur Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Pipat Ratchakitprakan.

Ratchakitprakan juga mengatakan bahwa pemerintahan setempat ingin mengubah street food menjadi model food truck.

Perubahan ini melalui beberapa proyek yang telah dimulai oleh Kementerian Perdagangan Thailand melalui Noo Nid Food Truck Project dan Kementerian Perindustrian Thailand melalui Food Truck Network.

Rencananya, parade food truck ini juga akan diisi pagelaran konser kecil, undian, kontes food truck, dan kontes makan cepat.

Festival food truck ditujukan untuk food truck yang menjual makanan. Ada pula pameran food truck yang menawarkan beragam peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis food truck.

TAT Deputy Governor for Tourism Products and Business Thapanee Kiatphaibool mengatakan bahwa street food Thailand sangat dikenal di mancanegara.

Street food Thailand adalah salah satu pengalaman perjalanan yang paling disorot oleh wisatawan mancanegara (wisman) karena reputasinya terkait kualitas, rasa, harga, dan kebersihan,” tutur Kiatphaibool.

Street food di Bangkok, ThailandShutterstock Street food di Bangkok, Thailand

“Kepopuleran street food Thailand semakin meluas karena pemberitaan dari CNN. Mereka menyebut Bangkok sebagai salah satu dari 23 destinasi terbaik dunia untuk street food dan makanan di pinggir jalan pada 2016 lalu,” tambahnya.

TAT secara terus menerus mempromosikan pariwisata gastronomi Thailan dan telah bergabung bersama Michelin Guide selama tiga tahun belakangan untuk membuat Michelin Guide Thailand.

Dalam Guide tersebut nantinya akan mencakup restoran, kedai, dan pilihan street food di Bangkok dan wilayah sekitar di samping Phuket, Phang Nga, dan Chiang Mai.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Khao San Road, Pusat Backpacker Legendaris di Bangkok

Presiden Food Truck Club Thailand Chanin Wattanapruksa mengatakan bahwa adanya “World’s Largest Parade of Food Trucks” akan semakin memperkuat popularitas Thailand sebagai tujuan nomor satu street food di dunia.

“Anggota Club sekarang memiliki 700 operator food truck. Acara ini juga berfungsi sebagai platform untuk memberikan panduan dan rekomendasi kepada masyarakat yang ingin memulai bisnis food truck,” kata Wattanapruksa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber tatnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com