Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Mirip, Ini Bedanya Kue Macaron dan Macaroon

Kompas.com - 16/02/2020, 21:05 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Macaron dan macaroon itu beda ya," kata Chef Arnold salah satu juri MasterChef Indonesia ke para peserta di tantangan preassure test membuat macaroon, Sabtu (15/2/2020).

Ketika kamu mendengar kata macaron, mana yang ada di bayanganmu? Apakah kue dengan bentuk segitiga kecil, manis dari kelapa parut itu dengan kerak emas? Atau apakah roti lapis meringue (kue busa) yang warna-warni? 

Macaron dan macaroon keduanya memiliki nama yang mirip. Meskipun kedua kue ini memiliki nama yang mirip, tetapi sebenarnya macaron dan macaroon sangat berbeda.

Baca juga: 7 Buah Ini Punya Rasa Mirip ”Dessert”, Pernah Coba?

Dilansir dari Food Network, macaroon dapat dilacak kisahnya dengan kembali ke Italia. Kue tanpa tepung dan tidak beragi awalnya dibuat dengan pasta almond, dalam bahasa Italia, kue ini disebut amaretti.

Kemudian dua faksi berkembang. Beberapa tukang roti inovatif menukar kelapa parut untuk pasta almond dan yang lain mencoba membuatnya dengan kacang tanah almond, ditumbuk halus menjadi tepung.

Versi kelapa menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Yahudi-Eropa. Kue itu adalah suguhan yang sempurna untuk Paskah karena tidak beragi.

Versi yang dibuat dengan almond tanah, dieja macaron dalam Bahasa Perancis dikembangkan di pengadilan Perancis oleh koki yang dibawa oleh bangsawan Italia yang kemudian jadi Ratu Perancis, Catherine de Medici dari Italia.

Saat memecah bagian resep, pada dasarnya bahan macaron dan macaroon banyak yang sama.

Ilustrasi kue macaron.Dok. Shutterstock Ilustrasi kue macaron.

Bahan yang sama ada putih telur, gula dan almond bubuk atau kelapa parut. Namun ketika mulai tahap memanggang, kedua kue sangat berbeda.

Dilansir dari Chow Hound macaroon adalah kata Amerika untuk kue padat, kenyal, tanpa tepung, biasanya dibuat dengan kelapa. Itu juga bisa termasuk kacang atau pasta kacang.

Baca juga: Mengenal Dessert Vegan, Makanan Manis tapi Tetap Sehat

Kata "macaroon" berasal dari kata Italia ammaccare, yang berarti "untuk menghancurkan," mengacu pada pasta almond, hal itu menurut James Candy Company dan The Nibble.

Kemudian pengadilan kerajaan Perancis menguasai resep itu. Lalu Pierre Ladurée adalah koki pastry pertama yang menjejali dua meringue macaron renyah dan ringan dengan isian krim di tengahnya.

Sementara itu, orang Yahudi-Eropa mengambil versi aslinya dan menambahkan kelapa. Macaroon kelapa yang padat dan kenyal sangat populer di Inggris dan Amerika Serikat, sebagian karena sifat yang tahan lama.

Macaroon berbentuk seperti prisma dengan parutan kelapa dan biasanuaa dicepupkan ke dalam saus coklat, tekstur di dalamnya kenyal dan manis.

Sedangkan macaron merupakan kudapan dengan bentuk lingkaran kecil, warnanya warna-warni, dan kulitnya sangat garing serta lembut dibagian dalam. Di tengahnya terdapat cream dari buttercream.

Baca juga: Aneka Dessert Matcha yang Dapat Dinikmati di Kyoto dan Osaka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com