Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mare Nostrum, Restoran Spanyol Otentik Hadir di Jakarta Maret 2020

Kompas.com - 17/02/2020, 10:02 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati makanan Spanyol yang otentik. Mare Nostrum, restoran yang akan dibuka untuk umum pada 3 Maret 2020 nanti akan menghadirkan cita rasa otentik dari Negeri Matador.

Lokasinya terletak di Jalan Jendral Sudirman Jakarta, tepatnya ada di lantai 18 Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Restoran ini menyajikan konsep modern casual dengan hidangan gastronomi mediterania.

"Kita dari Barcelona, kita berusahaa membawa konsep makanan yang Spanyol yang otentik ke Jakarta,” kata Marc Mallolas, Managing Partner Mare Nostrum Jakarta, di  Mare Nostrum, Jumat (14/02/2020).

Baca juga: Restoran Steak Mewah asal Manhattan, Wolfgang’s Steakhouse Buka di Jakarta

Ia juga menyebutkan jika konsep modern casual dengan gastronomi mediterania ditetapkan karena menu makanan yang disajikan terinspirasi dari Laut Mediterania. Sama halnya seperti nama 'Mare Nostrum' sendiri yang diambil dari Bahasa Romawi berarti Laut Mediterania. 

Konsep hidangan yang disajika di Mare Nostruk kebanyakan adalah sharing food atau hidangan yang diperuntukan untuk berbagi ramai-ramao. Hal ini diterapkan adalah dari budaya Spanyol.

"Di Spanyol sering melakukan makan-makan bersama keluarga besar, teman-teman dan kerabat. Hidangan di taruh di tengah meja dan disantap bersama-sama," jelas Marc. 

Menu gastronomi di Mare Nostrumini dikembangkan oleh koki Oriol Castro, Eduard Xatruch dan Mateu Casañas. Mereka adalah pemilik restoran Compartir Cadaques dan Disfrutar Barcelona.
 
Ketiga koki ini bisa tergolong tenar di Bacelona, lantaran menerima banyak penghargaan, termasuk penghargaan bergengsi di dunia kuliner bintang dua Michelin.
 
Selain itu Disfrutar Barcelona juga masuk dalam 10 Besar Restroran Terbaik Dunia dari World’s 50 Best Restaurants.
 
Mare Nostrum merupakan restoran pertama di luar Spanyol yang mereka bertindak sebagai direktur gastronominya.
 
 
Creamy cheesecake with cherry sorbet. di Mare NostrumKompas.com / Gabriella Wijaya Creamy cheesecake with cherry sorbet. di Mare Nostrum
Resep makanan dari Mare Nostrum merupakan resep yang dibawa asli dari Spanyol. Cita rasa laut begitu terasa dalam setiap masakan.
 
Namun, jangan kuatir makanan yang disajikan masih akrab dengan lidah orang Indonesia. Misalnya Salmon Fritters "Bunuelos" with Citric Air. Hidangan ini adalah kentang dan daging salmon yang dihaluskan bersama dan digoreng dengan teknik deep fried.
 
Lalu ada Vitello Tonnnato, sebuah hidangan pembuka yang menonjolkan creamy mayonaise tuna dan di bawahnya terdapat irisan daging tenderloin. Rasa saus yang sangat creamy dan gurih dari tuna berbaur dengan baik bersama irisan daging tenderloin yang sedikit asin.
 
Vitello Tonnnato didangan di Mare NostrumKompas.com / Gabriella Wijaya Vitello Tonnnato didangan di Mare Nostrum
Selain itu juga ada hidangan penutup yang membuat ketagihan. Ada Creamy Cheesecake with Cherry Sorbet. Cream cheese-nya memiliki rasa keju yang tidak kuat tetapi sangat manis dan lembut dilidah. Berpadu dengan remahan crumb cake yang manis.
 
Marc menyatakan jika restoran ini tidak mengubah resep dari Spanyol, agar orang Spanyol yang hadir juga dapat merasakan masakan rumahan mereka di Jakarta.
 
Di samping itu orang Indonesia juga bisa menikmati dan mencicipi makanan bergaya otentik Spanyol.
 
Mare Nostrum tidak hanya menghadirkan sensasi gastronomi. Namun juga ciri khas budaya Mediterania yang terasa kental dalam konsep tata ruang mereka.
 
Ruang makan terbilang luas dan suasana desain interior ala Mediterania begitu tampak. Ada pula area lounge yang nyaman dan tenang.
 
Dengan pemandangan city view khas gedung-gedung Jakarta, Mare Nostrum dapat mengakomodasi acara-acara yang diperlukan tamu. Dari makan malam romantis,
pertemuan perusahaan hingga hanya sekedar bersantai malam.
  
"Melalui kehadiran Mare Nostrum ini sendiri diharapkan dapat semakin memperkaya ragam kuliner dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ungkap Marc.
Suasana Mare Nostrum restoran Spanyol di JakartaKOMPAS.com / Gabriella Wijaya Suasana Mare Nostrum restoran Spanyol di Jakarta
 
Area lounge dilengkapi dengan smooking room. Area berkapasitas 25 orang ini memiliki penataan ruang yang lebih santai. Tamu dapat mencicipi minuman seperti coktail, mocktail, dan lainnya di area ini.
 
Area lounge memiliki gaya iterior yang berbeda dengan dinning area. Warnanya lebih mencolok seperti biru tua, oranye dan merah. Mengingatkan dengan restoran bergaya Spanyol era 80an yang pekat dengan nuansa musim panas.
 
Di area dinning room, ditata lebih glamor. Warna-warna kalem menghiasi dinding dari ruangan ini. Tata ruang kental dengan suasana restoran di Barcelona dan mediteranian city.
 
Tempat ini juga menyadiakan private room yang berkapasitas delapan orang dan 20 orang. Ruangan cocok untuk tempat meeting, acara makan-makan keluarga.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com