Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Ada Sekolah Kopi di Bandung, Tertarik Belajar?

Kompas.com - 20/02/2020, 07:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama beberapa tahun belakang, sebagian masyarakat Indonesia tertarik belajar dunia kopi. Entah karena kecintaan terhadap kopi, atau ingin mencoba peluang bisnis kopi.

Apabila kamu mulai tertarik ingin mempelajari dunia kopi, dan bingung mulai dari mana, kamu bisa persiapkan diri untuk masuk dalam sekolah kopi.

"Untuk saat ini Sekolah Kopi ada di Bandung. Insha Allah setiap provinsi akan punya sekolah kopi. Tentunya sekolah akan berada di bawah naungan Kopi Jenderal,” tutur Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso saat ditemui Kompas.com di kedai kopi Jenderal-Kopi Nusantara Buwas di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Baca juga: Ternakopi Milik Kaesang, Ternyata Ini Kopi yang Digunakan

Kopi Jenderal – Kopi Nusantara Buwas adalah produk kopi milik Budi yang memanfaatkan biji kopi Nusantara, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Buwas tertarik membangun sekolah kopi untuk mendidik generasi muda terkait pengolahan kopi yang benar.

Untuk pelatihnya sendiri, Buwas berencana bekerjasama dengan beberapa ahli di bidang kopi, seperti seorang ahli kopi asal Italia yang mengajarkanya tentang kopi.

Baca juga: Kedai Kopi Apek di Medan, Tempat Ngopi Legendaris Sejak 1923

"Pengolahan kopi tidak sembarangan, karena kopi memiliki nilai yang luar biasa. Karena saya dapat ilmu, kalau tidak saya turunkan untuk apa? Tidak mungkin saya bawa mati, tidak ada manfaatnya," kata Buwas.

Proses pemisahan kulit tanduk biji kopiDOK NESPRESSO Proses pemisahan kulit tanduk biji kopi
Terkait ilmu yang telah didapat, Buwas mengatakan, akan menurunkan kepada generasi muda, sehingga membantu Indonesia terkenal di bidang kopi.

Dalam pelatihan yang akan diadakan dalam sekolah kopi, Buwas sudah memiliki beberapa gambaran tentang kurikulum yang diajarkan.

Baca juga: Mencoba Kopi Klepon, Kopi Doger, dan Kopi Madu di Kawisari Coffee & Eatery

Adapun kurikulum sekolah kopi, seperti teknik pemetikan biji kopi, mengupas kopi dengan cara yang benar, penjemuran kopi, hingga proses roasting.

Buwas menuturkan, semua hal tersebut memiliki suatu cara yang spesifik yang akan memengaruhi rasa dan kualitas yang dihasilkan oleh biji kopi.

"Bagaimana kita merawat pohon kopi itu ada caranya. Ada ketentuannya dan ada standarnya. Saya baru tahu juga karena saya belajar pada ahli-ahli kopi, sehingga sekarang saya bisa menghasilkan kopi yang berkualitas," tutur Buwas.

Baca juga: Mengenal Kopi Kawisari, Kopi Tertua dari Jawa Timur

Untuk sementara waktu, Buwas masih belum bisa membocorkan lokasi pastinya Sekolah Kopi tersebut. Sebab, tempat pelatihan masih belum diresmikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com