Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika?

Kompas.com - 23/02/2020, 08:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arabika dan robusta adalah dua spesies kopi yang paling sohor di dunia. Masing-masing punya bentuk, rasa dan karakter berbeda.

Seperti apa perbedaannya?

Kompas.com berbincang dengan barista kedai kopi Jenderal-Kopi Nusantara Buwas, Ara, untuk mengetahui perbedaan dua spesies kopi tersebut.

Baca juga: Kopi Kangen Luncurkan Varian Minuman Non Kopi Bernama Kangen Berat

Robusta

Rizki, putra dari Sahnawi, menyangrai biji kopi di Desa Gombengsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/6/2018). Kopi Gombengsari yang dikenal dengan kopi robusta berkualitas terbaik memiliki ciri aroma khas buah kelapa dan cara memasaknya yang berbeda yaitu menyangrai dengan kuali tanah liat dan menumbuk biji kopi dengan kayu hingga jadi bubuk.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Rizki, putra dari Sahnawi, menyangrai biji kopi di Desa Gombengsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/6/2018). Kopi Gombengsari yang dikenal dengan kopi robusta berkualitas terbaik memiliki ciri aroma khas buah kelapa dan cara memasaknya yang berbeda yaitu menyangrai dengan kuali tanah liat dan menumbuk biji kopi dengan kayu hingga jadi bubuk.
Menurut Ara, rasa robusta memiliki rasa lebih pahit dibanding kopi lainnya. Pasalnya, tingkat kafein robusta antara 1,7-4 persen.

Namun, kopi robusta juga memiliki karaktertistik rasa berbeda. Adapun perbedaan rasa tersebut tergantung dari cara pengolahan (roasting).

Baca juga: Nyeruput Kopi Robusta hingga Arabika di dekat Gunung Merapi, Mau?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com