Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Jakarta, Ini Imbauan untuk Penumpang Pesawat di Bandara Soetta

Kompas.com - 25/02/2020, 11:57 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (25/2/2020) dini hari hingga pagi menyebabkan banjir di sejumlah titik dan ruas jalan.

Akibatnya, akses ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pun terganggu. Kereta Bandara Soetta, misalnya, mengalami gangguan, sehingga mengalami keterlambatan.

VP Corporate Communications PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, mengimbau para calon penumpang agar bisa datang tepat waktu ke Bandara Soekarno Hatta di tengah banjir.

Baca juga: Banjir Jakarta, Perjalanan Kereta Bandara Soetta Sempat Dibatalkan

"Untuk imbauan agar para pengguna jasa dapat mempersiapkan keberangkatan setidaknya dua jam sebelum keberangkatan," jelas Yado saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Yado menambahkan, calon penumpang bisa lebih waspada saat melakukan perjalanan menuju bandara, karena situasi banjir yang terjadi saat ini.

Perjalanan kereta Bandara Soetta sempat dibatalkan sementara pagi tadi akibat rel terendam banjir. Kini, kereta bandara telah beroperasi, namun diberlakukan rekayasa pola operasi berupa pembatasan kecepatan. 

"Untuk akses ke bandara saat ini kondisi untuk Kereta Bandara Railink sudah beroperasi, untuk altenatifnya tetap dapat menggunakan akses tol dari dan ke bandara," kata Yado.

Baca juga: Kereta Bandara Soetta Kembali Beroperasi Pasca Terdampak Banjir

Khusus penumpang yang ingin menggunakan kereta bandara, penumpang diimbau untuk membeli tiketnya secara offline melalui vending machine stasiun dan POS di stasiun.

KA Bandara merupakan Kereta Api yang melayani perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta dengan rute pemberhentian di Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Begitu juga sebaliknya.

Rute kereta bandara  pertama yang berangkat dari Stasiun Manggarai mulai pukul 04.40 WIB menuju Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Jadwal terakhir kereta bandara dari Stasiun Manggarai adalah pukul 21.40 WIB.

Selain kereta dan jalur tol, calon penumpang yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta bisa menggunakan Bus Damri, JA Connexion Agra Mas, JA Connexion Perum PPD, JA Connexion Perum PPD dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com