Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Setop Sementara Kunjungan Umrah, Paket Umrah Masih Bisa Dipesan

Kompas.com - 27/02/2020, 16:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Kamis (27/2/2020), kunjungan terkait umrah ditangguhkan sementara karena virus corona (Covid-19).

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Kunjungan Umrah, Jemaah Telantar di Bandara Soetta

Meski begitu, beberapa agen perjalanan mengatakan bahwa pihaknya belum menerima pembatalan dari pelanggan yang telah membeli paket umrah.

"Saat ini masih tunggu (informasi lebih lanjut) dari Kedubes Arab. Tadi pagi ada informasi sementara untuk penangguhan umrah, tapi kita tunggu ada travel warning dan update lebih lanjut. Kalau belum ada travel warning, kita tetap akan berangkatkan," kata Travel Consultant Antavaya Febiola saat ditemui Kompas.com disela-sela acara pameran wisata BRI Europe Travel Fair 2020, di Senayan City, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Febiola menuturkan bahwa meski mereka tetap menjalankan paket umrah, namun terdapat beberapa pelanggannya yang sudah menghubungi untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Sejauh ini, lanjut Febiola, sudah ada beberapa pelanggan yang memiliki jadwal perjalanan paket umrah 1 Maret 2020 meminta pembatalan. Kendati demikian, Febiola mengatakan pihaknya sedang membujuk untuk melakukan penjadwalan ulang.

Febiola menuturkan bahwa untuk bulan Maret 2020 sendiri, terdapat 3 grup perjalanan paket umrah. Sementara pada April 2020, terdapat 5 grup.

Dari 8 grup perjalanan tersebut, hanya grup perjalanan umrah bulan Maret yang cukup waspada akan informasi penangguhan umrah dari Arab Saudi tersebut.

Senada dengan Febiola, Travel Consultant Dwidaya Tour Dheni menuturkan bahwa pembeli paket umrah dari agen perjalanannya sejauh ini belum ada yang minta pembatalan dan pengalihan perjalanan.

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah, Ini Negara Tetangganya yang Positif Virus Corona

"Paket umrah kami masih berjalanan dengan normal karena perjalanan umrah kami paling dekat itu bulan April nanti," kata Dheni.

ILUSTRASI - Umrah di MedinaShutterstock ILUSTRASI - Umrah di Medina

Dheni juga menuturkan bahwa sejauh ini pihaknya masih belum ada informasi lebih lanjut terkait penangguhan umrah akibat Covid-19 sehingga paket umrah masih bisa dipesan.

Sementara untuk agen perjalanan Bayu Buana, Supervisor Neshya mengatakan bahwa pihaknya juga belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait penangguhan.

Oleh karena itu, mereka akan tetap memberangkatkan para pelanggan paket umrah tersebut.

"Kecuali kalau ada travel warning dari airlines," kata Neshya.

BRI Europe Travel Fair 2020 merupakan pameran wisata yang diselenggarakan oleh BRI bekerja sama dengan maskapai penerbangan Turkish Airlines.

Turkish Airlines merupakan salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute umrah untuk wisatawan Indonesia. Hingga saat ini, pihak Turkish Airlines yang ditemui Kompas.com dalam acara tersebut enggan berkomentar terkait penangguhan visa umrah oleh Saudi Arabia.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com