Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Jenang Gempol, Kudapan Terkenal di Pasar Lempuyangan Yogyakarta

Kompas.com - 29/02/2020, 08:03 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Selain sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga kaya akan ragam kulinernya. Maka dari itu, saat berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa mencicipi satu kudapan manis yang berada di Pasar Lempuyangan.

Baca juga: Makanan Khas Gunungkidul, Yuk Coba Jenang Dawet

Jenang gempol, terdiri dari jenang sumsum putih, jenang candil, jenang sumsum manis, jenang monte atau jenang mutiara, dan ketan hitam.

Baca juga: Wow... Teh Ini Memiliki Rasa dan Aroma Jenang Sumsum

Gempol sendiri merupakan kudapan berbentuk bulat-bulat kecil berasal dari beras. Rasanya cenderung gurih seperti ketan.

"Ada juga jenang sumsum, terbuat dari tepung beras, kalau yang sumsum manis dimasak dengan tambahan gula jawa," jelas Anda, penjual Jenang Gempol di Javanese Food Festival, Mal Mangga Dua, Sabtu (22/02/2020).

Baca juga: Jadah Tempe, Camilan Favorit Keraton dari Kaliurang Yogyakarta

Sementara jenang candil berbentuk bulatan berukuran sedang dan teksturnya kenyal. Jenang candil terbuat dari tepung ketan.

Jenang mutiara sendiri berwarna merah jambu dan terbuat dari tepung kanji. Disebut jenang mutiara karena bentuknya bulat-bulat kecil seperti mutiara.

Semua bahan itu akan diguyur dengan gula merah cair dengan wangi pandan dan santan cair yang gurih.

Dalam satu mangkuk jenang gempol kamu akan merasakan banyak tekstur dan cita rasa yang berbeda-beda.

Tekstur dari bubur sumsum yang lembut dengan rasa yang manis, candil yang kenyal dan legit serta rasanya gurih manis. Lalu juga gempol yang gurih cenderung asin dengan tekstur sedikit keras.

Rasa dari jenang gempol ini bervariasi, terdapat cita rasa gurih dari santan, gempol, dan bubur sumsum lalu berpadu dengan manisnya gula jawa, jenang candil, dan ketan hitam.

Campuran jenang membaur dengan seimbang yang membuat penikmatnya ketagihan. Jika ingin mencicipi jenang gempol di Yogyakarta kamu bisa mampir ke Jenang Gempol Bu Gesti yang berada di Pasar Lempuyangan.

Jenang Gempol milik Bu Gesti ini sudah berjualan mulai tahun 1960-an. Jenang Gempol Bu Gesti bisa ditemukan di sisi selatan Pasar Lempuyangan.

Dari pintu masuk, kamu bisa berbelok ke arah kiri dan kemudian berbelok ke kanan.

Jenang Gempol Bu Gesti berada di pojok belakang pasar. Jika datang ke mari jangan terlalu siang, dihimbau untuk datang pada saat pagi hari.

Sebab kalau tidak maka akan kehabisan dan harus antre panjang. Singgah ke Jenang Gempol Bu Gesti, pengunjung akan disajikan jenang dalam wadah pincuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com