Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Mengganti Paspor meski Belum Ada Rencana ke Luar Negeri?

Kompas.com - 05/03/2020, 11:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, kita kepikiran membuat atau penggantian paspor saat hendak pergi ke luar negeri dalam waktu dekat. 

Namun bagaimana jika belum punya rencana pergi ke luar negeri, namun ingin penggantian paspor dari biasa non elektronik ke elektronik?

Paspor elektronik memiliki berbagai macam keuntungan, mulai dari fasilias autogate di beberapa bandara Indonesia hingga memudahkan untuk pergi ke Jepang.

Baca juga: Catat, Waktu Pembukaan Kuota Antrean Paspor Online

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra mengatakan hal itu bisa dilakukan. 

"Jadi kita bilang saat wawancara itu, untuk persiapan jika sewaktu-waktu ada urusan mendadak yang mengharuskan pergi ke luar negeri," kata Sigit kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Menurut Sigit, pihak imigrasi akan melayani segala permohonan paspor dari masyarakat, baik membuat paspor baru atau mengganti paspor yang akan habis masa berlaku.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mengganti Paspor?

Oleh karena itu, masyarakat disarankan tidak perlu khawatir jika ingin membuat paspor meskipun belum ada rencana pergi ke luar negeri.

"Yang penting kan kalau masa berlaku sudah mau habis, paling sedikit enam bulan sebelum harus kita ganti," tekan Sigit.

Pemilik paspor juga bebas mengganti paspor lamanya menjadi elektronik maupun non elektronik. Namun, dari pihak imigrasi menyarankan agar masyarakat beralih ke paspor elektronik.

Baca juga: Pengalaman Buat Paspor Elektronik Baru, Hanya 10 Menit di ULP Semanggi

Pasalnya terdapat beberapa kemudahan menggunakan paspor elektronik, salah satunya untuk perizinan pergi ke Jepang.

Pemilik paspor elektronik tidak perlu membuat visa Jepang jika sudah memiliki paspor elektronik tersebut. Pemilik cukup datang melapor ke Kedutaan Besar Jepang terkait tujuan kedatangan dan berapa lama tinggal.

Selain itu, kelebihan paspor elektronik juga mendapat kemudahan pada saat antrian autogate bandara. Pemilik paspor elektronik cukup scan paspor tanpa perlu mengunjungi konter imigrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com