Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuat Selama Satu Bulan, Berapa Harga Ulos untuk Raja Belanda?

Kompas.com - 13/03/2020, 20:05 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangkaian kunjungannya ke Danau Toba, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti sempat singgah ke Desa Lintong Nihuta, Kecampatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Dlansir dari Tribun Medan, Kepala Desa Lintong Nihuta, Holong T. Simanjuntak, mengaku telah melakukan berbagai persiapan, seperti membersihkan lingkungan hingga pemberian kain ulos.

Adapun jenis ulos yang diberikan pada Raja Willem dan Ratu Maxima ini adalah Pinuncaan. Ulos ini dibuat selama satu bulan khusus untuk keduanya.

"Ulosnya corak Pinuncaan yang biasanya dipakai oleh yang sudah berketurunan dan menyambut tamu kehormatan," ujar Holong, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Intip Kamar Tempat Raja dan Ratu Belanda Menginap di Jakarta, Jendela Anti Peluru!

Kain ulos yang diberikan pada Raja dan Ratu Belanda merupakan buatan warga desa Lintong NihutaPatrick van Katwijk Kain ulos yang diberikan pada Raja dan Ratu Belanda merupakan buatan warga desa Lintong Nihuta
Menurut Holong, ulos ini ditenun langsung oleh warga desa Lintong Nihuta. Ukuran ulos yang diberikan berukuran panjang 120 cm x 2 m.

Ulos ini terdiri dari lima bagian yang ditenun secara terpisah yang kemudian disatukan menjadi satu kain ulos.

Ketika ditanyai mengenai harga, Holong mengungkapkan, harga ulos seperti ini di pasaran bisa mencapai Rp 5 juta.

"Kalau rata-rata itu kita hargai Rp 5 juta. Kalau ini (untuk Raja dan Ratu Belanda) di atas itulah,” ujarnya.

Baca juga: Raja Belanda ke Candi Prambanan, Promosi Pariwisata Gratis di Tengah Isu Corona

Sebelumnya, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima berkunjung ke kawasan Danau Toba pada hari terakhir kunjungan kenegaraan mereka ke Indonesia pada Kamis (12/3/2020).

Selain Danau Toba, Raja dan Ratu Belanda juga sempat mengunjungi beberapa destinasi lain di Indonesia seperti Candi Prambanan dan Keraton Yogyakarta.

Dalam kunjungan ke Danau Toba ini, Raja dan Ratu Belanda juga didampingi oleh Menko Maritim Luhut Panjaitan, Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul: Segini Harga Ulos yang Diberikan Kepada Raja dan Ratu Belanda Saat Berkunjung ke Toba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com