Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Corona, Ini Alasan Maskapai Penerbangan Jepang Berterimakasih kepada Penumpang

Kompas.com - 14/03/2020, 19:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan asal Jepang, Skymark Airlines, menempati peringkat pertama sebagai maskapai dengan jam penerbangan tepat waktu selama dua tahun berturut-turut.

Baca juga: Mengolah Ikan Buntal, Chef di Jepang Harus Punya Sertifikasi Khusus

Namun di tengah sepinya bandara di Jepang akibat merebaknya virus corona ( Covid-19 ), Skymark Airlines menjadi salah satu maskapai penerbangan yang terkena dampaknya.

Walaupun terkena imbas virus corona, maskapai penerbangan ini tidak berhenti menunjukkan apresiasi mereka terhadap para penumpang yang akan berangkat dari Hokkaido.

Baca juga: Pilihan Resor Ski Baru untuk Keluarga di Hokkaido Jepang

Belum diketahui kapan wabah virus corona ini akan berakhir. Industri dan bisnis yang terpengaruh juga tak jelas kapan akan bangkit kembali.

Namun demikian, halangan tersebut tidak menurunkan standar pelayanan pelanggan oleh industri di Jepang. Salah satunya Skymark Airlines yang malah memberikan ucapan terima kasih kepada penumpangnya.

Pesawat maskapai penerbangan asal Jepang, Skymark Airlines.SHUTTERSTOCK/VIPER-ZERO Pesawat maskapai penerbangan asal Jepang, Skymark Airlines.

Baca juga: Restoran Pizza di Jepang Bikin Layanan Pengiriman Contactless karena Corona

Seorang pengguna Twitter @DQN9 mengunggah sebuah foto yang diambil dari dalam pesawat sebelum lepas landas, Sabtu (7/3/2020).

Melalui foto tersebut, terlihat seorang pekerja Skymark Airlines memegang spanduk bertuliskan “Terima kasih telah berkendara bersama kami selama masa sulit ini”.

“Baik bandara maupun maskapai penerbangan juga terkena dampaknya (virus corona), tetapi pesan ini sangat menakutkan. Saya diberitahu bahwa sekarang adalah masa sulit. Walaupun pembatalan penerbangan gratis, tetapi kecemasan tetap ada,”  kata @DQN9, mengutip Soranews24, Sabtu (14/3/2020).

Sejauh ini, foto yang menyentuh hati tersebut mengundang lebih dari 100 ribu Retweets dan 500 ribu Likes. Kendati demikian, kesenangan tidak hanya berhenti di situ saja.

Pengguna Twitter lain @KNDFTJ turut mengunggah foto kru Skymark Airlines yang membawa sebuah spanduk besar bertuliskan “Hokkaido sangat nikmat, bukan? Ayo datang dan makan di sini lagi!”

Netizen yang melihat dua unggahan foto tersebut menyukai apresiasi yang ditunjukkan oleh para karyawan.

“Saya bekerja di bidang yang sama, dan saya pikir ini adalah layanan pelanggan yang bagus. Terus semangat, Jepang!” tutur salah satu netizen.

Historic village dengan arsitektur bergaya Edo di Hokkaido, Jepang. SHUTTERSTOCK/PIXHOUND Historic village dengan arsitektur bergaya Edo di Hokkaido, Jepang.

Sementara netizen lain mengungkapkan bahwa mereka langsung merasa sedih saat melihat salah seorang pria yang memegang spanduk tersebut melambaikan tangan.

Dia menuturkan bahwa dia takjub dengan upaya yang dilakukan di tengah masyarakat yang merasa kesulitan.

“Mereka bukanlah satu-satunya pekerja Skymark yang melambaikan tangan padamu saat pesawat lepas landas, tapi saya selalu melambaikan tangan kembali,”  tutur salah seorang netizen.

Berhubungan dengan ucapan terima kasih Skymark Airlines yang menggugah simpati pembaca, bisa jadi maskapai penerbangan asal Jepang ini akan menyabet peringkat pada layanan pelanggan terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com