Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2020, 14:00 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana "menyulap" Hotel Patra Comfort, Jakarta untuk menampung orang dalam pengawasan (ODP) virus corona.

Selain itu, Rumah Sakit Pertamina Jaya juga telah menyediakan ruangan untuk pasien corona.

“Jadi nanti yang 65 itu (tempat tidur RS) ditambah 52 (tempat tidur) yang di hotel untuk ODP, jadi safe house,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Erick Thohir Mau Sulap Hotel Jadi Ruangan Isolasi Virus Corona

Nantinya, operasional seluruh bagian dari rumah sakit dan hotel yang telah diubah jadi pusat perawatan ODP dan pasien corona akan dipegang oleh 10 dokter spesialis, 8 dokter umum, dan 3 perawat terlatih.

Wacana yang sama juga terjadi di Inggris

Ide Erick Thohir ini sejalan dengan beberapa wacana untuk mengubah hotel menjadi tempat perawatan ODP atau pasien virus corona di berbagai negara.

Seperti ide dari grup hotel Best Western Great Britain (BWGB). Dilansir dari Forbes, banyak rumah sakit dari London hingga New York yang menghadapi kekurangan tempat tidur karena begitu banyak pasien virus corona yang harus dirawat.

Grup BWGB mempertimbangkan untuk menjadikan hotel-hotel mereka yang kosong karena krisis ini, untuk dijadikan "rumah sakit" sementara.

Eropa kini jadi pusat pandemi corona dengan sekitar satu per tiga kasus dan kematian global.

Hal ini sangat berdampak pada banyak rumah sakit, terutama di wilayah Italia dan Spanyol serta Inggris yang jumlah kasusnya mencapai 1.144, sekitar 2 persen dari total kasus di Eropa.

Kepulauan Orkney menjadi salah satu wilayah terbaik untuk ditinggali di Inggris Raya.SHUTTERSTOCK/COLOMBO NICOLA Kepulauan Orkney menjadi salah satu wilayah terbaik untuk ditinggali di Inggris Raya.

BWGB secara independen memiliki dan mengelola hotel-hotel di seluruh Inggris, Skotlandia, dan Wales yang semuanya bisa diubah fungsinya menjadi rumah sakit.

Pihak jaringan hotel BWGB berencana untuk mendiskusikan hal ini dengan unit-unit hotel mereka pada minggu ini.

Tujuan peralihan ini untuk menurunkan tekanan pada rumah sakit yang sudah penuh. Serta meringankan beban pihak rumah sakit dalam mencari tempat tidur untuk semua pasien.

BWGB bisa mengumpulkan sekitar 15.000 tempat tidur sebagai penampungan sementara.

“Kita berada di situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jadi kami bersedia untuk mengambil langkah yang belum pernah dilakukan untuk mendukung usaha nasional,” ujar Best Western Great Britain CEO Rob Paterson ke The Caterer, Minggu (15/3/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com