Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Zen Walau di Rumah Saja, Intip Foto Terbaik Museum-museum di Dunia

Kompas.com - 18/03/2020, 18:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Walaupun kamu berdiam di rumah, tidak ada salahnya kamu memiliki momen zen tersendiri.

Semenjak banyak sekolah, restoran, dan ruang publik ditutup sementara sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, beberapa masyarakat mungkin merasa sangat khawatir tentang pandemi global ini.

Ditambah lagi, beberapa museum juga ditutup untuk sementara waktu. Kendati demikian, museum tersebut memiliki cara sendiri untuk menenangkan masyarakat.

Mengutip Travel and Leisure, Senin (16/3/2020), Museum of the City of New York memulai tagar #MuseumMomentofZen di Twitter untuk berbagi foto beberapa instalasi seni secara online.

"Pihak administrasi museum akan terus memonitor situasi dan meng-update situs resmi dan media sosial terkait rencana kami untuk kembali buka. Sementara itu, teruslah mengikuti kami di media sosial (tolong bagikan tagar #MuseumMomentOfZen) dan jelajahi beragam koleksi museum," seperti tertera pada keterangan unggahan akun Twitter @MuseumofCityNY, Jumat (13/3/2020).

Sejak tagar digunakan, terdapat lebih dari 75 museum yang turut serta menggunakannya untuk berbagi instalasi seni menarik, foto-foto arsitektur, gambar arsip, dan beberapa unggahan video lainnya.

Meski digaungkan oleh museum seni, tetapi museum sejarah alam, sains, dan museum alam juga menggunakan tagar tersebut.

Berdasarkan kantor komunikasi Museum of the City of New York, tagar tersebut telah mendapatkan lebih dari 25 ribu Likes.

Lukisan karya Herbert Bolivar Tschudy bertajuk The Turtle Tank, @nyaquarium, 1920. Salah satu karya seni di
Museum of the City of New York, 47.141.3.TWITTER @MuseumofCityNY Lukisan karya Herbert Bolivar Tschudy bertajuk The Turtle Tank, @nyaquarium, 1920. Salah satu karya seni di Museum of the City of New York, 47.141.3.

 

Banyak museum di seluruh penjuru Amerika, bahkan museum di negara lain, juga menggunakan #MuseumMomentofZen.

Adapun museum yang dimaksud antara lain adalah The Met di Kota New York, Los Angeles County Museum of Art, dan Field Museum di Chicago.

Lukisan karya Raphael Gleitsmann bertajuk Winter Evening dilukis pada 1932. Bercerita tentang Akron (sebuah kota di AS) dan sebagian besar kawasan di negara AS sedang mengalami krisis ekonomi. Namun sang pelukis menggambarkan kota tersebut dengan nuansa lebih ceria.TWITTER @AkronArtMuseum Lukisan karya Raphael Gleitsmann bertajuk Winter Evening dilukis pada 1932. Bercerita tentang Akron (sebuah kota di AS) dan sebagian besar kawasan di negara AS sedang mengalami krisis ekonomi. Namun sang pelukis menggambarkan kota tersebut dengan nuansa lebih ceria.

Jika kamu mulai merasa bosan saat melakukan karantina mandiri, kamu bisa menikmati foto pada tagar tersebut.

Meskipun kamu tidak bisa keluar rumah, kamu tetap bisa menikmati karya dari seniman klasik dan kontemporer.

Kendati tagar #MuseumMomentofZen dimulai di Twitter, tetapi tagar juga bisa dilihat di Instagram. Museum-museum tersebut juga menggunakan tagar #MuseumFromHome.

“Kita semua bisa menggunakan momen Zen untuk saat ini. Walaupun CMA (Cleveland Museum of Art) tutup, kunjungi koleksi online kami (cma.org/collection) dan beritahu kami karya seni apa yang menginspirasi #MuseumMomentofZen kamu di kolom balasan,” seperti yang tertera dalam laman Twitter resmi @ClevelandArt melalui unggahannya, Senin (16/3/2020).

Selanjutnya, ada juga unggahan dari Akron Art Museum di Amerika melalui @AkronArtMuseum, City Museum Simeonstift Trier di Jerman melalui @museumtrier, dan Nova Scotia Museum di Canada melalui @NS_Museum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com