Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Lockdown, Supermarket Bikin Panduan untuk Suami yang Bingung Saat Belanja Makanan

Kompas.com - 26/03/2020, 16:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Supermarket Tesco asal Malaysia menerbitkan sebuah panduan untuk para suami yang berbelanja untuk pertama kalinnya selama Perintah Kontrol Gerakan (MCO).

MCO adalah kebijakan Pemerintah Malaysia sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid) yang berlaku sejak Rabu (18/3/2020).

Kebijakan ini melarang pergerakan warga di Malaysia dan juga berkumpul dalam keramaian. MCO yang mulanya berlaku hingga 31 Maret 2020, diperpanjang hingga 14 April 2020.

Baca juga: Malaysia Lockdown, Turis Asing Tidak Bisa Masuk

Tesco Malaysia menggunggah panduan tersebut setelah Menteri Senior Malaysia, Datuk Seri Fadillah Yusof, mengumumkan bahwa hanya kepala rumah tangga saja yang boleh keluar membeli barang-barang penting di bawah MCO.

Kendati tidak ada definisi yang pasti akan gelar “kepala rumah tanga”, namun para suami di Malaysia bergegas menggantikan peran istri dalam berbelanja.

Melansir Malay Mail, Rabu (25/3/2020), melalui sebuah unggahan dari laman Facebook resminya Selasa (24/3/2020) lalu, Tesco Malaysia mengunggah sebuah poster yang bertuliskan “Kini Para Suami Bisa Berbelanja”.

Mereka juga mengunggah beberapa foto yang menunjukkan perbedaan potongan ayam berserta nama-namanya, berbagai macam jenis ikan, dan foto-foto sayuran lengkap dengan namanya.

“Kepada seluruh kepala rumah tangga, kami mengerti bahwa keadaan mungin akan membingungkan di saat seperti ini. Pakailah panduan praktis ini untuk perjalanan berbelanjamu,” seperti tertera dalam laman Facebook tersebut.

 

Seorang pengguna Facebook bernama Muzaffar Rahman mengunggah sebuah foto pada Minggu (22/3/2020).

Foto tersebut menunjukkan beberapa pria yang terlihat kebingungan di lorong supermarket. Unggahan foto tersebut segera viral dan dibagikan oleh lebih kurang 31.000 penguna Facebook.

“Saya merasa bahwa keadaan tersebut seperti sebuah perburuan harta karun bagi para lelaki tersebut. Semua melihat daftar belanja mereka. Banyak sekali daftarnya, harus dicari sampai dapat,” tutur Muzaffar.

Muzaffar menambahkan bahwa mereka kerap mengambil foto dan mengirimnya kepada para istri melalui WhatsApp.

Bahkan salah satu dari mereka melakukan video call dengan istrinya sembari mengatakan “Lihat! Yang mana kamu mau?”

Para pengguna Facebook memberi saran kepada Tesco untuk memperluas panduan mereka untuk tidak hanya seputar makanan segar, namun juga barang-barang yang tidak mudah habis.

“Tesco, jangan hanya barang bakunya saja. Saus, mi, gula, garam, minyak, dan nasi memiliki banyak merek, kemasan, dan jenis yang bahkan lebih membingungkan,” kata Joanne Lim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com