Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 126 Jadwal KA Daop 6 Yogyakarta yang Batal Jalan Per April 2020

Kompas.com - 01/04/2020, 21:55 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 6 Yogyakarta membatalkan 126 perjalanan kereta api (KA) sepanjang April 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Selain itu juga untuk efisiensi operasional karena jumlah penumpang yang dilaporkan menurun.

Baca juga: Cara Membatalkan Tiket KA Lewat Aplikasi KAI Access, Dapat Refund 100 Persen

Sebelumya, Eko mengatakan ada 122 perjalanan kereta yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta sepanjang April.

"PT KAI akan mengurangi 122 perjalanan kereta, baik yang diberangkatkan dari Daerah Operasi 6 Yogyakarta maupun kereta yang melintas di wilayah kerja kami,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, mengutip berita Kompas.com.

Baca juga: 122 Perjalanan KA Jarak Jauh dan Bandara dari Yogyakarta Dibatalkan untuk April 2020

PT KAI menerapkan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO PT KAI menerapkan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.

Tak hanya kereta jarak jarak jauh yang dibatalkan sepanjang April, Eko juga mengatakan pembatalan jadwal kereta juga berlaku untuk kereta bandara.

Kereta bandara yang dibatalkan adalah rute menuju Yogyakarta International Airport (YIA) sebanyak 24 perjalanan dan kereta bandara Adi Sumarmo di Solo Jawa Tengah sebanyak 46 perjalanan.

Sementara sebanyak 56 perjalanan yang dibatalkan merupakan kereta jarak jauh menuju ke arah timur seperti Surabaya, Malang, dan Banyuwangi serta ke arah Jakarta dan Bandung.

"Biasanya, ada sekitar 30.000 penumpang per hari yang dilayani kereta api di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta, namun sejak awal Maret berangsur berkurang bahkan pada akhir Maret jumlahnya di bawah 20 persen,” katanya.

Eko juga mengatakan, pembatalan perjalanan KA berimbas pada pembatalan tiket yang sudah dibeli oleh calon penumpang.

"Penumpang bisa melakukan pembatalan tiket dengan pengembalian 100 persen. Pengembalian secara utuh ini berlaku untuk kereta keberangkatan 23 Maret sampai 29 Mei,” ungkapnya.

Selain itu, PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah mencatat ada 27.106 penumpang yang membatalkan tiket dan sebanyak 4.754 penumpang melakukan perubahan jadwal keberangkatan.

PT Kerata Api Indonesia (KAI) Daerah Opersional (Daops)9 mengurangi empat perjalanan kereta api yang berangkat dari wilayah operasinyaKOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADI PT Kerata Api Indonesia (KAI) Daerah Opersional (Daops)9 mengurangi empat perjalanan kereta api yang berangkat dari wilayah operasinya

Bagi calon penumpang yang ingin membatalkan tiket dan merubah jadwal keberangkatan dapat dilakukan di loket stasiun yang sudah ditentukan atau melalui aplikasi KAI Access.

Baca juga: Cara Daftar Akun KAI Access untuk Batalkan Tiket KA dan Refund 100 Persen

Sementara itu untuk kereta yang berstatus penugasan atau PSO dari pemerintah, Eko mengatakan, masih beroperasi secara normal, salah satunya adalah kereta komuter Prambanan Ekspres.

“Untuk kereta jarak jauh, dari Yogyakarta masih bisa dilayani menggunakan Bima bagi penumpang menuju Jakarta atau sebaliknya,” katanya.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta, tetap memperhatikan physical distancing dalam operasional kereta api setiap hari.

Langkah yang dilakukan yaitu memastikan keterisian kereta lokal 75 persen dan untuk kereta jarak jauh bisa dilakukan pemindahan tempat duduk penumpang agar memiliki jarak yang cukup.

Berikut daftar 126 perjalanan KA Daop 6 Yogyakarta yang dibatalkan sepanjang April 2020:

Daftar kereta api dari dan ke Daop 6 Yogyakarta yang dibatalkan sepanjang April 2020.PT KAI Daop 6 Yogyakarta Daftar kereta api dari dan ke Daop 6 Yogyakarta yang dibatalkan sepanjang April 2020.

Daftar 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta sepanjang April 2020PT KAI Daop 6 Yogyakarta Daftar 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta sepanjang April 2020

Daftar 126 perjalanan kereta api yang dibatalkan di Daop 6 YogyakartaPT KAI Daop 6 Yogyakarta Daftar 126 perjalanan kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta

Daftar perjalanan 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 YogyakartaPT KAI Daop 6 Yogyakarta Daftar perjalanan 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta

Daftar perjalanan 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 YogyakartaPT KAI Daop 6 Yogyakarta Daftar perjalanan 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta

Daftar perjalanan 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta PT KAI Daop 6 Yogyakarta Daftar perjalanan 126 kereta api yang dibatalkan di Daop 6 Yogyakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com