Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Ucapan Selamat Hari Raya Paskah dan Maknanya

Kompas.com - 12/04/2020, 08:07 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Umat Kristen atau Katolik  merayakan hari raya Paskah atau kebangkitan Yesus Kristus pada Minggu (12/4/2020).

Biasanya, umat akan saling mengucapkan Selamat Hari Raya Paskah satu sama lain ketika ibadah atau misa Malam Paskah dan Minggu Paskah selesai.

Namun, apa makna dari ucapan Paskah tersebut?

Seorang romo atau pastur yang melayani di Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, Paskalis Bayu Edvra mengatakan ucapan tersebut dapat diartikan sebagai kelahiran baru bagi setiap umat.

Baca juga: Jumat Agung dan Pekan Suci, Inilah Rangkaian Perayaan Paskah Umat Kristen dan Katolik

"Karena Paskah itu identik dengan pertobatan dan perayaan penebusan Tuhan yang menebus dosa-dosa kita," kata Romo Bayu saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Maka sebagai konsekuensinya, kita sebagai umat harus memperbarui hidup dan bertobat menjadi lebih baik lagi," lanjutnya.

Hal tersebut merupakan esensi dari perayaan Paskah. Oleh karena itu, kata dia, mengucapkan perayaan Paskah bagi umat beragama lain sebaiknya hanya mengatakan "Selamat Merayakan" saja.

Sementara bagi sesama umat Kristen atau Katolik, sejatinya hanya "Selamat melalui 40 hari berpantang dan berpuasa".

"Atau bisa juga mengatakan Selamat sudah melalui Retret Agung dalam iman kita selama satu tahun di mana umat merenungkan dosa-dosa, kelemahan, tetapi juga menemukan kekuatan dan rahmat dari Allah," jelasnya.

Ia mengatakan ucapan Paskah juga identik dengan umat yang berharap dibangkitkan bersama Yesus di dalam perbuatan-perbuatan baik.

Perayaan Paskah di lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (21/4/2019), yang dipimpin oleh Paus Fransiskus. (AFP/VINCENZO PINTO) Perayaan Paskah di lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (21/4/2019), yang dipimpin oleh Paus Fransiskus. (AFP/VINCENZO PINTO)

"Memang ucapan Paskah tidak semeriah ketika orang mengucapkan selamat Natal, tapi di dalam menjalankan pantang dan puasa 40 hari, tentu perayaan dan ucapan tersebut menjadi sangat berarti," tambahnya.

Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Jumat Agung dan Hari Paskah yang cocok diberikan jika kamu juga beragama Kristen dan Katolik.

Sementara yang berbeda agama, seperti Romo Bayu sebutkan kalimat "Selamat Merayakan Paskah" sudah terbilang baik:

Baca juga: Sejarah Gereja Katedral, Gereja Katolik Pertama di Batavia

1. Ku tahu saat Kau disalib, saat Kau dipukuli, saat Kau disesah, saat Kau dihina, saat Kau ditikam, Kau selalu ingat padaku dan berkata, "Aku melakukan ini untukmu karena Aku sangat menyayangi dan mencintaimu".

Terima Kasih Tuhan, kasih-Mu begitu besar kami rasakan sampai saat ini. Selamat menyambut Hari Jumat Agung dan Paskah 2019.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com