Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Wisata Virtual Yogyakarta, Keliling Kota Gudeg dari Gawai atau Latop

Kompas.com - 16/04/2020, 20:07 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Virus corona memaksa orang untuk tidak beraktivitas di luar rumah. Bagi yang menyukai traveling, hal ini dirasa menyiksa dan membuat bosan.

Jangan khawatir, kamu masih bisa berjalan-jalan dengan cara virtual. Saat ini, tur virtual tengah ramai dibicarakan lantaran orang tak lagi bisa berwisata pada masa pandemi seperti ini.

Hadirnya tur virtual membuatmu tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk jalan-jalan, cukup sediakan paket internet dan gawaimu untuk menjelajahi destinasi wisata yang diinginkan.

Baca juga: Asyik! Jelajahi Seluruh Dunia Harry Potter Melalui Tur Virtual

Kali ini, kamu bisa memulainya dari destinasi wisata Yogyakarta. Kompas.com telah merangkum itinerary perjalanan wisata virtual satu hari di Yogyakarta.

Itinerary ini bisa menjadi pilihan tur virtualmu ke Yogyakarta.

Untuk mengawali perjalanan ini, masuklah ke aplikasi Google lalu atur tampilan Street View dengan sudut 360 derajat. 

Berikut rangkuman itinerary wisata virtual Yogyakarta seharian:

Gudeg Wijilan 167 (Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)BIRO KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAREKRAF Gudeg Wijilan 167 (Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

1. Pukul 07.00 WIB mencari sarapan Gudeg di Jalan Wijilan

Sebelum memulai wisata ke tempat-tempat asyik di Yogyakarta secara virtual, kamu bisa memulainya dengan membayangkan sarapan Gudeg di Jalan Wijilan, Kota Yogyakarta.

Tentu siapkan juga makanan khas Yogyakarta di rumah semisal gudeg. Jika tak ada gudeg, kamu bisa membuat hidangan sayur krecek, ayam kampung, dan telur bulat karena kedua makanan tersebut identik disandingkan dengan gudeg. 

Baca juga: Pahami Istilah Berikut Jika Anda Berkunjung ke Kota Gudeg

Kamu bisa mengawalinya dengan membuka Google Maps dan mengetik Jalan Wijilan untuk rute yang dipilih. Lalu kamu akan menemui beragam kios atau toko penjual makanan Gudeg yang ramai di jalan tersebut.

Jalan Wijilan sendiri merupakan sebuah jalan di Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai sentra wisata kuliner Gudeg.

Gudeg yang terkenal di daerah sana di antaranya Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Lies, Gudeg Bu Widodo, dan masih banyak lagi.

Langsung saja meluncur ke link Google Maps Jalan Wijilan Yogyakarta.

Pengunjung berada di kawasan Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Rabu (9/8/2017). Dalam rangka menyambut Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggratiskan tiket masuk cagar budaya dan museum di Indonesia yang berada di bawah Kemendikbud sepanjang Agustus 2017. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye/17. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko Pengunjung berada di kawasan Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Rabu (9/8/2017). Dalam rangka menyambut Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggratiskan tiket masuk cagar budaya dan museum di Indonesia yang berada di bawah Kemendikbud sepanjang Agustus 2017. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye/17.

2. Pukul 08.30 WIB ke Benteng Vredeburg

Untuk merasakan sensasi berkunjung sungguhan, kamu bisa memakai tampilan 360 derajat kala mengunjungi Benteng Vredeburg, Yogyakarta.

Caranya pun masih sama, cukup buka Google Maps lalu ketik Benteng Vredeburg dan pilih dengan tampilan 360 derajat. Lalu kamu akan melihat tampilan suasana Benteng Vredeburg seperti nyata dan serasa di sana.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com