Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Operasikan Kembali Rute Domestik Secara Terbatas, Berikut Jadwalnya

Kompas.com - 18/04/2020, 11:24 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - AirAsia Group menyatakan kesiapannya untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di beberapa negara.

Negara yang dimaksud ialah Malaysia (mulai 29 April 2020), Thailand (mulai 1 Mei 2020), Filipina (mulai 1 Mei 2020), India (4 Mei 2020), dan Indonesia (mulai 7 Mei 2020), bergantung pada persetujuan dari otoritas.

Baca juga: Cara Memindahkan Jadwal Penerbangan AirAsia Indonesia yang Dibatalkan

Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, penerbangan akan tersedia secara terbatas untuk rute domestik tertentu.

Secara bertahap akan beroperasi di rute lainnya termasuk rute internasional. jika nantinya situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan dan wilayah telah dicabut.

Penerbangan telah tersedia dan dapat dipesan melalui airasia.com dan aplikasi AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo akun kredit.

Baca juga: Cara Menggunakan Akun Kredit AirAsia Indonesia, Bisa untuk Beli Tiket Berikutnya

Informasi lebih lanjut mengenai rute dan jadwal penerbangan akan diumumkan selanjutnya, dan tergantung persetujuan otoritas terkait.

Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan kami, dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin. Kami telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap Covid-19.

Kami juga bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi semuanya," kata President (Airlines) AirAsia Group Bo Lingam, sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

"Di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang dan karyawan adalah yang utama. Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan.

Serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami lakukan di semua rute kami," lanjutnya.

Berikut jadwal pengoperasian kembali:

1. AirAsia Malaysia (AK), mulai 29 April 2020

2. AirAsia Thailand (FD), mulai 1 Mei 2020

3. AirAsia Philippines (Z2), mulai 7 Mei 2020

4. AirAsia India (I5), mulai 4 Mei 2020

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com