Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Warung Nasi Bantu Beri Makan Gratis, Berbuat Baik di Tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 19/04/2020, 18:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi corona, kita tetap dapat melakukan kebaikan. Seperti adanya Operasi Makan Gratis milik relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Direktur Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bambang Triyono mengatakan bahwa melalui program Operasi Makan Gratis, pihaknya telah bekerja sama dengan 1.000 warung nasi di wilayah Jabodetabek untuk membagikan makanan gratis.

Program tersebut bertujuan untuk membantu pekerja informal dan korban PHK.

Baca juga: Kisah Haru Pemberian Makanan Gratis di Tengah Wabah Virus Corona

Operasi Makan Gratis yang telah diluncurkan sejak 24 Maret 2020 tersebut dilaksanakan dengan mengandalkan kemitraan dengan warung makan setempat.

Cara mendaftarkan warung nasi untuk ikut program Operasi Makan Gratis

Warung nasi yang ingin ikut program tersebut, bisa menghubungi nomor ACT, 29406565.

“Nanti minta dikontak ke tim program Operasi Makan Gratis warteg. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi,” kata Bambang.

Syaratnya adalah warung nasi harus berada di pinggir jalan sehingga memudahkan mereka yang membutuhkan makanan gratis mengakses warung tersebut, tempat bersih dan punya etalase, serta ada tempat duduk.

Warteg (warung makan) milik Nur Aliah di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (16/4/2020).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Warteg (warung makan) milik Nur Aliah di Jalan Ki Mangun Sarkoro, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (16/4/2020).

“Mereka setuju dengan harga per porsi, lalu siap dan mau menjadi mitra. Mereka yang masak, bantu distribusi makanan, lalu bisa bantu memilihkan penerima manfaat,” tutur Bambang.

Dia menambahkan bahwa pihak warung nasi juga harus mau berkoordinasi dengan RT setempat untuk memudahkan pemberian kupon makan gratis.

Lukman juga menambahkan bahwa penting bagi warung nasi untuk mengetahui soal jarak fisik untuk mengatur pengunjung yang datang.

“Karyawan juga harus bisa pastikan pengunjung dalam posisi aman. Mereka juga harus menggunakan masker dan alat pelindung diri (APD) standar,” kata Lukman.

Cara penyaluran donasi makanan

Program Operasi Makan Gratis membantu memberikan 100 porsi makan gratis setiap harinya melalui kupon.

“Kami lihat orang-orang yang tadinya sudah sulit mendapatkan pendapatan harian atau bulanan, kini juga sulit untuk beli bahan pangan. Ini jadi satu kondisi sosial yang kita perhatikan,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Dalam program tersebut, mekanismenya adalah ACT membeli makanan dari warung nasi melalui donasi yang telah didapat.

Pihak warung nasi memasak dan membantu mendistribusikan makanan secara gratis kepada mereka yang membutuhkan.

Penjual jamu menggunakan masker saat melewati jalan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (6/4/2020). Kebijakan wajib masker itu  tertuang dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Corona Virus Disease (Covid-19).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penjual jamu menggunakan masker saat melewati jalan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (6/4/2020). Kebijakan wajib masker itu tertuang dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com