Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2020, 16:04 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak warganet yang mengeluhkan susahnya mencari es krim Viennetta. Sejak es krim ini kembali pada awal April 2020, penyebarannya memang belum merata.

Penyebaran es krim Viennetta bisa ditemukan di berbagai supermarket dan minimarket retail di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Kisah Perjuangan Berburu Es Krim Viennetta, Ada yang Belum Dapat Hingga Sekarang

 

Selain dijual offline, Wall’s Indonesia juga menjual es krim Viennetta lewat platform online.

Beberapa waktu lalu, seorang netizen dengan akun Instagram @Awirachma mengunggah cerita soal dirinya yang menemukan banyak es krim Viennetta diduga disembunyikan di bagian bawah freezer minimarket yang ia datangi.

Ia menduga ini jadi salah satu alasan kenapa es krim Viennetta sulit ditemukan. Ternyata masalah tak sampai di sana saja.

Banyak netizen yang mengklaim bahwa mereka menemukan es krim Viennetta dijual di berbagai platfom online shop dengan harga berkali-kali lipat dari harga eceran yang disarankan Wall’s Indonesia.

Harga resmi yang ditemukan di minimarket dan supermarket offline untuk es krim Viennetta adalah sekitar Rp 50.000 – Rp 60.000.

Baca juga: Nostalgia Es Krim Viennetta Generasi 90-an, Jadi Hadiah Jika Nilai Pelajaran Bagus

Kompas.com pun memeriksa beberapa platform online shop seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli untuk mengecek kebenaran informasi yang beredar itu.

Ternyata ada banyak toko online yang menjual es krim Viennetta dengan harga di atas pasaran.

Seperti di Tokopedia, beberapa toko di Bandung menjual es krim Viennetta seharga Rp 64.999.

Ada juga toko di Surabaya yang menjual es krim Viennetta seharga Rp 85.000. Juga di Jakarta Selatan dengan harga Rp 99.500 dan di Palembang seharga Rp 120.000.

Es krim Viennetta di TokopediaDok. Tokopedia Es krim Viennetta di Tokopedia

Sementara di Shopee, Kompas.com mengamati ada beberapa toko yang menjual es krim Viennetta dengan harga Rp 89.000 di Surabaya, lalu Rp 99.900 di Depok, Rp 85.000 di Bandar Lampung, juga RP 64.999 di Bandung.

Es krim Viennetta di ShopeeDok. Shopee Es krim Viennetta di Shopee

Lalu di Bukalapak, Kompas.com menemukan dua toko yang menjual es krim Viennetta dengan harga di atas harga pasaran. Yakni seharga Rp 89.900 dan Rp 70.000.

Es krim Viennetta di BukalapakDok. Bukalapak Es krim Viennetta di Bukalapak

Berbeda dari dua marketplace di atas, ketika Kompas.com mengecek situs resmi Blibli kami tidak menemukan es krim Viennetta yang dijual dengan harga tidak wajar.

Es krim Viennetta yang dijual di Blibli memiliki harga normal yakni Rp 55.000 yang dikirim langsung oleh toko resmi Wall’s Indonesia. Namun saat ini persediaan es krim Viennetta di Blibli sedang habis.

Blibli memang jadi salah satu marketplace online yang jadi tempat penjualan resmi es krim Viennetta.

Es krim Viennetta di BlibliDok. Blibli Es krim Viennetta di Blibli

Sebelumnya, Wall’s Indonesia mengunggah sebuah foto di akun Instagram mereka berisikan ucapan terima kasih dan permintaan maaf terkait es krim Viennetta yang mendapatkan sambutan luar biasa.

Wall’s Indonesia memahami kekecewaan para konsumen yang belum sempat mencoba dan untuk itu mereka memohon maaf.

Kompas.com sudah berusaha meminta konfirmasi pada Wall’s Indonesia terkait masalah ini sejak Senin (20/4/2020) tapi hingga kini belum mendapatkan respon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com