Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel, Restoran, dan Maskapai Penerbangan Sumbang APD untuk Tenaga Medis Covid-19

Kompas.com - 21/04/2020, 17:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tenaga medis adalah garda terdepan yang membantu dalam menangani dan mencegah pandemi corona (Covid-19) semakin merebak.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (21/4/2020), Indonesia sudah mengonfirmasi 6.760 kasus positif virus corona.

Merebaknya virus corona membuat hampir seluruh industri pariwisata dan industri kuliner di dunia terkena dampaknya. Tak terkecuali Indonesia.

Kendati demikian, beberapa pelaku kedua industri tersebut tidak tinggal diam. Mulai dari hotel, restoran, hingga maskapai penerbangan turut membantu tenaga medis virus corona.

Baca juga: Hotel Grand Sahid Jaya Sediakan Akomodasi bagi Tenaga Medis Covid-19

Berikut daftar pelaku industri pariwisata dan industri kuliner yang menyalurkan berbagai macam bantuan yang telah Kompas.com rangkum:

Tauzia Hotels

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, jaringan Tauzia Hotels membantu memberikan dukungan kepada tenaga medis dan pekerja kesehatan di rumah sakit dengan mendistribusikan makanan siap saji.

Pendistribusian tersebut dilakukan ke beberapa rumah sakit terpilih di seluruh Indonesia.

Sejak Maret 2020, beberapa properti dalam jaringan hotel tersebut sudah mengirimkan makanan siap santap kepada dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya.

Tauzia Hotels membantu tenaga medis Covid-19.dok. Tauzia Hotels Tauzia Hotels membantu tenaga medis Covid-19.

Sejauh ini, tim hotel telah mengirimkan paket makanan tersebut ke 12 rumah sakit di 10 kota di Indonesia yaitu Surabaya, Semarang, Solo, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Pekanbaru, Batam, Denpasar, dan Badung (Bali).

Sementara itu, beberapa rumah sakit yang menerima paket makanan tersebut di antaranya adalah RSUD Dr. Soetomo di Surabaya, RS Ken Saras di Semarang, dan RS Moewardi di Surakarta.

Selanjutnya RSUD Ulin di Banjarmasin, RS Soedarso di Pontianak, RSU AQ Sjahranie di Samarinda, RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru, RS BP di Batam, dan RS Sanglah di Bali.

Perwakilan tim karyawan hotel yang mengantarkan makanan dilengkapi dengan masker wajah, sarung tangan, dan hand sanitizer.

Mereka juga diwajibkan untuk mencuci tangan secara berkala sebelum dan sesudah melakukan kegiatan tersebut.

Swiss-Belboutique Yogyakarta

Beberapa rumah sakit di Yogyakarta, baik yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien virus corona maupun tidak, mengalami kesulitan dalam penyedian alat pelindung diri (APD).

Swiss-Belboutique Yogyakarta membantu tenaga medis Covid-19.dok. Swiss-Belboutique Yogyakarta Swiss-Belboutique Yogyakarta membantu tenaga medis Covid-19.

Swiss-Belboutique Yogyakarta, dalam siaran pers yang Kompas.com terima, menuturkan bahwa mereka bekerja sama dengan PT. Blue Bird Tbk, Yayasan Sekar Arum Sejati Yogyakarta, dan PH&H Public Policy Interest Group untuk menyumbangkan bantuan 1.000 APD bagi tenaga medis di rumah sakit di Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com