Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2020, 18:47 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang mengeluhkan sulitnya mencari es krim Viennetta. Kalau kamu ingin makan es krim Viennetta, bisa coba eksperimen membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga:
Respons Konsumen karena Viennetta Susah Dicari, Sampai Ubrak-abrik Kulkas Minimarket
Susah Dicari, Es Krim Viennetta Malah Dijual Mahal di Online Shop
Sejarah Viennetta, Es Krim Legendaris Generasi 90-an

Beberapa akun YouTube Indonesia mengunggah video resep es krim Viennetta karya mereka. Kamu bisa mencoba mengikuti resep yang mereka bagikan untuk kamu coba sendiri di rumah.

1. Resep dengan menggunakan es krim instan

Salah satu akun YouTube yang mengunggah resep es krim Viennetta adalah Puguh Kristanto Kitchen. Ia membuat es krim Viennetta hanya dengan tiga bahan sederhana. Hingga saat ini, videonya sudah ditonton lebih dari 280.000 kali.

Dalam videonya ini, Puguh Kristanto menggunakan bahan-bahan berupa bubuk es krim instan rasa cokelat dan vanilla masing-masing satu sachet, susu cair dingin, dan cokelat cair.

Untuk pembuatannya, Puguh Kristanto mencampurkan bubuk es krim instan dengan susu cair dingin dan mencampurkannya hingga kental. Setelah itu, ia baru menata es krim vanilla dan cokelat yang sudah ia masukkan ke dalam plastik semprot lebih dahulu.

Ia berusaha membuat es krim ini semirip mungkin dengan es krim Viennetta yakni ada sedikit gelombang es krim dan cokelat cair yang berada di tiap lapisannya.

2. Resep dengan bahan whipping cream dan dark chocolate

Kemudian ada juga YouTuber dengan akun pufflova. Video resep Viennetta yang ia buat sudah ditonton sekitar 500.000 kali.

Ia menggunakan bahan-bahan berupa whipping cream, gula pasir, garam, bubuk cokelat, vanila, dan cokelat dark chocolate untuk cokelat keping.

Sekilas memang terlihat agak rumit jika dibandingkan resep dari Puguh Kristanto. Pasalnya, larutan whipping cream, gula, garam, dan vanilla harus dipanaskan lebih dahulu hingga gulanya larut.

Selain itu, ia juga melelehkan cokelat keping dengan metode double broiler yang memang agak rumit untuk bisa dilakukan dengan sempurna.

Cokelat yang dilelehkan ini kemudian akan dijadikan kepingan cokelat berbentuk persegi panjang sebagai lapisan di antara es krim.

Selain itu, ia juga mencampurkan bubuk biskuit Oreo yang sudah dihancurkan dan membuat lapisan es krim cookies and cream sebagai variasi.

3. Resep dengan whipped cream dan susu Milo

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com