Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Biji Salak untuk Hidangan Takjil, Ini Rahasia Supaya Teksturnya Lembut dan Tidak Alot

Kompas.com - 28/04/2020, 15:15 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biji salak merupakan salah satu hidangan takjil yang biasanya hadir di meja makan saat bulan puasa.

Baca juga: Cara Membuat Biji Salak yang Tidak Alot dan Tidak Lembek

Namun terkadang biji salak yang dijual mengandung tepung sagu yang lebih banyak. Hal tersebut membuat tekstur dari biji salak kurang pas, terlalu kenyal atau terlalu lembek.

Bila kamu ingin membuat biji salak sendiri di rumah, sebaiknya perhatikan tekstur kudapan ini agar terasa lebih nikmat.

Totok Siswantoko, Executive Chef dari Hotel Santika Premiere Yogyakarta menjelaskan bagaimana membuat biji salak dengan tekstur yang tepat.

“Membuat biji salak, teksturnya ditentukan tergantung dari komposisi bahannya. Kalau kebanyakan tepung sagunya akan sangat kenyal dan agak alot,” jelasnya kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Baca juga: Resep Kolak Biji Salak Ubi Kuning yang Lembut dan Legit

Ilustrasi bubur biji salak atau candil, sajian untuk buka puasa. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi bubur biji salak atau candil, sajian untuk buka puasa.

Bahan utama pembuatan biji salak adalah ubi oranye dan tepung sagu. Totok menjelaskan jika perbandingan kedua bahan tersebut bisa memengaruhi tekstur dari biji salak.

Baca juga: Persiapan Bikin Hidangan Takjil, Ini Cara Membuat Biji Salak Empuk, Legit, dan Enak

Jika tepung sagu lebih banyak maka teksturnya akan lebih kenyal agak alot. Sementara jika ubi lebih banyak maka teksturnya akan lebih lembut dan tidak begitu kenyal.

Untuk takaran bahannya bisa sesuai selera, tergantung apakah kamu ingin lebih kenyal atau lembut.

Ilustrasi bubur biji salak, terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, tepung beras, dan santan. SHUTTERSTOCK/SITI MUTMAINAH Ilustrasi bubur biji salak, terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, tepung beras, dan santan.

“Tekturnya empuk tidak kenyal, rata dan ada rasanya manis sedikit asin,” kata Totok menjelaskan tekstus dan rasa biji salak yang pas.

Baca juga: Menu Buka Puasa: Bubur Biji Salak Ubi Ungu, Ini Resepnya

Selain dari tekstur, kriteria biji salak yang enak juga bisa ditentukan oleh rasa santan. Untuk gulanya kamu bisa menggunakan gula kelapa.

Setelah itu santannya juga harus baru dan dari kelapa asli sehingga rasanya lebih segar.

Biji salak bisa dimodifikasi menjadi beberapa varian seperti kolak biji salak, bubur sumsum biji salak, dan biji salak kuah pandan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com