Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Refund Tiket Pesawat di Online Travel Agent Dikembalikan Dalam Voucher 100 Persen

Kompas.com - 29/04/2020, 21:07 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat orang tidak bisa mudik Lebaran tahun ini. Pemerintah resmi mengeluarakan larangan mudik sejak Jumat (24/4/2020).

Bagi penumpang yang ingin melakukan refund, diharap dapat menghubungi perusahaan moda transportasi terkait maupun agen perjalanan masing-masing.

Kendati demikian, calon penumpang khususnya penumpang pesawat yang ingin melakukan refund justru bingung.

Sebab masih ada beberapa online travel agent (OTA) memotong nilai tiket refund atau reschedule.

Sementara itu, pemerintah melalui Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto secara terang-terangan mengatakan refund dilakukan dalam bentuk voucer 100 persen sama nilainya dengan yang sudah dikeluarkan.

Baca juga: Maskapai Dilarang Angkut Penumpang, Refund Tiket Bakal Diberi Voucher

Airlines tidak ada kewajiban kembalikan uang cash, tapi dalam voucer yang 100 persen sama nilainya dengan yang sudah dikeluarkan,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto saat teleconference dengan wartawan, Kamis (23/4/2020).

Menanggapi hal ini, salah satu OTA yaitu Pegipegi melalui Corporate Communications Manager, Busyra Oryza menyampaikan, bahwa Pegi-pegi mendukung kebijakan pemerintah yang mengacu pada kebijakan partner.

"Bagi pelanggan yang ingin mengajukan refund di Pegipegi, pelanggan dapat menggunakan fitur Online Refund di aplikasi Pegipegi," kata Busyra saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Busyra melanjutkan, penumpang bisa mengecek detail syarat dan ketentuan untuk melakukan refund dengan mengacu pada laman resmi Pegipegi.

Baca juga: Refund Tiket via KAI Access Dipercepat, Jadi 3 Hari Kerja

Berdasarkan situs resminya, Pegipegi menuliskan terkait refund akan dikembalikan dalam bentuk voucer dan tidak dikenakan potongan (full fare).

Adapun pengembalian dana atau refund dapat dilakukan melalui call center atau ticketing counter terdekat.

Ilustrasi Pesan Tiket Pesawat sebagai Bagian dari Rencana PerjalananSHUTTERSTOCK Ilustrasi Pesan Tiket Pesawat sebagai Bagian dari Rencana Perjalanan

 

Kemudian, penumpang bisa menghubungi Pegipegi untuk memproses permintaan voucer.

Kebijakan ini berlaku efektif sejak 24 April 2020 untuk penerbangan yang ditutup dari tanggal 25 April hingga 1 Juni 2020.

Berikut kebijakan di Pegipegi:

  1. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh rute penerbangan Lion Air, Batik Air, dan Wings Air
  2. Bagi penumpang yang ingin melakukan perubahan jadwal (reschedule) dapat dilakukan melalui Call Center atau Ticketing Counter Lion Air, Batik Air, dan Wings Air terdekat dengan ketentuan:
    • Diperbolehkan melakukan perubahan satu kali (1x) dalam kurun waktu perubahan keberangkatan sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020.
    • Penumpang yang masih belum dapat memastikan jadwal keberangkatan baru, diberikan kesempatan pengajuan penundaan keberangkatan selama 3 bulan.
    • Sekadar informasi, pengajuan ini sebaiknya dilakukan minimal 7 hari sebelum keberangkatan atau Anda akan dianggap no show (tidak hadir)
    • Perubahan yang dilakukan berdasarkan ketersediaan kursi yang masih ada dengan membayar biaya selisih.
  3. Berlaku efektif tanggal 1 April 2020, penumpang dapat melakukan pengembalian dana        (refund) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pengembalian dana (refund) akan dikembalikan dalam bentuk voucer elektronik yang dapat digunakan untuk pembelian tiket baru sampai dengan tanggal 31 Oktober 2020.
    • Voucer dapat digunakan untuk pembelian tiket baru dengan nama dan rute yang berbeda. Namun sebelumnya Anda harus melakukan verifikasi identitas (KTP/paspor) terlebih dahulu.
    • Jika harga tiket di atas nilai voucer, maka Anda harus membayar selisih biayanya. Namun, jika harga tiket di bawah nilai voucer, maka selisih biaya dianggap hangus.
    • Voucer hanya dapat ditukar di kantor perwakilan maskapai (informasi lengkap cek: http://lionair.co.id/contact-us/branch-locations
    • Voucer berlaku untuk semua rute penerbangan Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.
    • Voucer dapat digunakan untuk penerbangan tahun 2021.
  4. Berlaku efektif tanggal 24 April 2020, untuk penerbangan yang ditutup dari tanggal 25    April-1 Juni 2020, penumpang dapat melakukan pengembalian dana (refund) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pengembalian dana (refund) akan dikembalikan dalam bentuk voucer dan tidak dikenakan potongan (full fare).
    • Pengembalian dana (refund) dapat dilakukan melalui Call Center atau Ticketing Counter terdekat. Setelah itu, silakan info/hubungi Pegipegi untuk memproses permintaan voucer.
    • Voucer berlaku untuk semua rute penerbangan Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.
    • Masa berlaku voucer terhitung 1 (satu) tahun dari tanggal penerbitan voucher.
  5. Untuk penerbangan Malindo Air atau Thai Lion Air dengan inisial kode OD atau SL mengacu kepada kebijakan yang sudah diinformasikan melalui Website masing-masing maskapai.
  6. Kebijakan ini dapat berubah sewaktu-waktu dan tidak mengikat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com