Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Terbaik Wisata ke Natuna

Kompas.com - 08/05/2020, 07:26 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah virus corona berakhir, diyakini banyak wisatawan akan kembali melakukan perjalanan wisata, khususnya di dalam negeri.

Oleh karena itu, pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan akan menjaring market wisatawan nusantara terlebih dahulu setelah pandemi berakhir.

Adapun salah satu tujuan wisata dalam negeri yang bisa menjadi pilihan adalah Natuna.

Baca juga: Pengalaman Ikut Tur Virtual ke Natuna, 14 Tempat Wisata dalam 2 Jam

Destinasi wisata di Kepulauan Riau tersebut terletak di garis terdepan batas negara, plus menyimpan beragam tempat wisata unik dari destinasi lainnya.

Kabupaten Natuna yang memiliki pusat kota di Pulau Natuna Besar memiliki keunikan dan menjadi daya tarik pariwisata, yaitu wisata bahari.

Tentunya kegiatan wisata seperti snorkeling, diving hingga berenang sangat dinantikan wisatawan jika berkunjung ke Natuna.

Kendati demikian, ada baiknya wisatawan tahu kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Natuna.

Baca juga: Berkunjung ke Natuna, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Khas Ini

Pemandu wisata yang juga merupakan penduduk lokal Natuna, Arief Naen mengatakan ada waktu-waktu terbaik dan disarankan untuk wisatawan berkunjung.

"Kita merekomendasikan bulan Maret sampai Oktober. Saat-saat bulan seperti ini, cuaca lagi bagus-bagusnya di Natuna," kata Naen saat memandu wisata virtual bersama Atourin, Sabtu (2/5/2020).

Sementara itu, ia mengatakan wisatawan sebaiknya tidak datang untuk berwisata ke Natuna pada bulan-bulan berikutnya terutama pada akhir tahun.

Pada bulan-bulan Desember dan Januari, Natuna akan mengalami atau memasuki periode cuaca ekstrim atau musim utara.

"Di mana curah hujan, gelombang, angin sangat mempengaruhi. Kita mau jalan-jalan dengan kondisi seperti itu sangat tidak memungkinkan," kata Naen.

"Apalagi mau mengadakan tur ke daerah pulau, menggunakan perahu itu kita tidak merekomendasikan, karena faktor keselamatan," lanjutnya.

Baca juga: 8 Makanan Khas Natuna, Wajib Coba Saat Liburan di Sana

Terkait waktu ideal lama berkunjung ke Natuna, Naen mengatakan, wisatawan dapat menjelajahi seluruh Natuna dalam waktu 4 hari 3 malam.

Waktu tersebut sudah cukup berkeliling Natuna dari sisi utara hingga selatan, dan menjelajahi destinasi wisata darat maupun bahari kepulauan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com