Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kurma Cake ala Hotel, Sajian Penutup Cantik untuk Buka Puasa

Kompas.com - 12/05/2020, 17:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Buah kurma jadi primadona setiap bulan Ramadhan. Ada yang menggemari kurma dalam bentuk aslinya, ada juga orang yang suka mengolah lebih dahulu buah kurma jadi beragam sajian menarik.

Baca juga: 5 Jenis Kurma di Indonesia, Kenapa Rasa Manisnya Berbeda-beda?

Salah satu sajian berbahan dasar kurma yang bisa kamu coba adalah Kurma Cake ala Chef Noldy, Executive Chef dari Mercure Jakarta Simatupang.

Berikut ini resep dan cara pembuatan kurma cake ala Chef Noldy, mungkin bisa jadi inspirasi untuk sajian berbuka puasa nanti.

Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahuluDok. Shutterstock Illustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu

Bahan kurma cake

  • 1100 gram butter
  • 1100 gram gula
  • 12 butir telur
  • 1 kilogram tepung terigu
  • 15 gram baking powder
  • 200 ml susu cair
  • 20 gram vanilla essence
  • 500 gram kurma yang sudah direndam dengan madu sebelumnya dan dicacah

Ilustrasi keik kurma. SHUTTERSTOCK/STANISLAV71 Ilustrasi keik kurma.

Cara membuat kurma cake

Pertama, siapkan loyang bundar berukuran 20 sentimeter. Kemudian olesi dengan margarin dan taburi sedikit tepung terigu.

Pisahkan kuning telur dan putih telur dalam dua wadah yang berbeda. Lalu kocok mentega dan margarin bersama gula pasir hingga lembut.

Tambahkan kuning telur satu per satu, sambil dikocok hingga merata. Selanjutnya masukkan campuran tepung terigu dan baking powder, aduk hingga merata. Sisihkan.

Kocok putih telur hingga kaku, masukkan ke dalam adonan dan aduk rata. Lalu tambahkan kurma, dan aduk hingga bercampur rata.

Jika sudah, tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan adonan. Selanjutnya panddang dalam oven selama 45 menit dengan panas sekitar 180 derajat celsius.

Jika kue dirasa sudah matang, angkat dan dinginkan. Kurma cake pun siap untuk disantap. Kue ini semakin enak dimakan setelah 1-2 hari dibuat dan didinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com