Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Dijual Resmi di Indonesia, Ini Perbandingan Harga Oreo Supreme di Amerika dan Indonesia

Kompas.com - 17/05/2020, 20:43 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oreo Supreme, biskuit kolaborasi Oreo dengan Supreme, menjadi perbincangan banyak orang karena harganya mahal.

Baca juga: Apa Istimewanya Oreo Supreme sampai Dijual Rp 269 Juta Satu Bungkus?

Oreo berwarna merah menyala itu diproduksi khusus dari Oreo untuk Supreme dan dipasarkan di Amerika Serikat. Produk ini ditujukan sebagai koleksi Supreme pada musim semi atau musim panas edisi Maret 2020.

Head of Corporate & Government Affairs Mondelez Indonesia Khrisma Fitriasari menjelaskan bahwa Oreo Supreme saat ini sudah dijual pada e-commerce Indonesia atau saluran penjualan lain, produk itu bukan resmi dari Mondelez Indonesia.

Ia mengatakan Mondelez Indonesia tidak menjual biskuit Oreo Supreme di Indonesia. Mondelez Indonesia juga tidak mengimpor produk tersebut ke Indonesia.

Namun bagaimana perbandingan harga Oreo Supreme di Amerika dengan online shop Indonesia? Lalu siapa konsumen Oreo Supreme di Indonesia?

Oreo Supreme yang dijual oleh sejumlah penjual di salah satu marketplace di Indonesia.Shopee Oreo Supreme yang dijual oleh sejumlah penjual di salah satu marketplace di Indonesia.

Salah satu penjual Oreo Supreme, AN (tidak ingin disebut nama aslinya) menyatakan bahwa dirinya memasok barang dagangannya itu dari Amerika yang dikirim ke Singapura. Lalu ia bawa ke Indonesia untuk dijual kembali.

"Belinya dari Amerika Serikat, kirimnya ke Singapura kebetulan ada teman di sana, retail-nya di sana (Amerika Serikat) sebenarnya 3 dollar Amerika per bungkus," papar AN kepada Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

Ia mengaku menjual Oreo Supreme berisi 3 keping seharga Rp 800.000 per bungkus. Harga tersebut dipasang supaya ia bisa balik modal dan menutup biaya ongkos kirim dari Amerika - Singapura dan ke Indonesia.

Namun AN juga mengatakan, harga Oreo Supreme dipatok sangat tinggi hingga 100 dollar Amerika saat awal produk ini keluar di Amerika.

Oreo Supreme diminati kaum hypebeast

Produk ini diminati oleh kaum hypebeast penggemar brand streetwear Supreme. AN mengaku 99 persen pembelinya dari kaum hypebeast yang memborong Oreo Supreme sejak awal muncul pemberitaan produk itu pada Maret lalu.

Penjual barang brand luar negeri ini juga mengatakan jika produk Supreme memiliki pasar tertentu dan banyak peminatnya.

Berapa pun harganya akan tetap dibayar demi mendapatkan produk tersebut. Benar nyatanya, semua stok Oreo Supreme miliknya diborong habis tak tersisa.

Namun 1 persen dari pembeli AN merupakan masyarakat yang juga ikut penasaran dengan Oreo Supreme ini.

"Respon dari masyarakat yang saya lihat sendiri sih heboh sekali, pernah saya dengar respons langsung ada yang bilang 'gila harga Rp 50.000 aja gue masih mikir-mikir, ini dijual Rp 500.000 sampai Rp 800.000 siapa yang mau beli' ada yang bilang gitu," papar AN.

Oreo Supreme yang dijual di salah satu marketplace di Indonesia.Shopee Oreo Supreme yang dijual di salah satu marketplace di Indonesia.

Jika AN memasang harga yang dinilai tinggi, berbeda dengan CO, ia malah menjual Oreo Supreme dengan harga di bawah Rp 500.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com