Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TRAVEL] Resep Jalangkote | Sejarah Masjid-Katedral Cordoba

Kompas.com - 19/05/2020, 06:30 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Resep dan seluk-beluk Jalangkote masuk dalam jajaran berita terpopuler Travel Kompas.com pada Senin kemarin. 

Berita terpopuler lainnya adalah pembatasan penerbangan dan cara pulihkan pariwisata karena corona hingga tiket pesawat kini sudah bisa dipesan di travel agent.

Untuk lengkapnya, berikut berita terpopuler Travel Kompas.com pada 18 Mei 2020.

Apa Itu Jalangkote? Bedanya Jalangkote dengan Pastel

Ilustrasi jalangkote disiram saus cabai khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel. SHUTTERSTOCK/DENNIS WIJAYA Ilustrasi jalangkote disiram saus cabai khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel.
Jalangkote adalah camilan khas Sulawesi. Bentuk dari camilan ini mirip sekali dengan kue pastel, dengan bentuk seperti bulan separuh dengan ukiran khas di sepanjang sisinya.

Namun, jalangkote dan pastel ternyata memiliki beberapa perbedaan baik di kulit pembungkusnya dan juga rempah untuk isiannya.

Chef Grace Titaheluw, Chef de Cuisine Hotel Four Points by Sheraton Makassar menjelaskan perbedaan jalangkote dengan pastel.

Kulit jalangkote punya lapisan lebih tipis dari pada pastel.

“Kalau pastel itu ada yang kulitnya lebih mirip puff. Lebih tebal dari jalangkote. Kalau jalangkote enggak berlapis-lapis,” ujar Chef Grace pada Kompas.com, Senin (18/5/2020). 

Baca selengkapnya di sini.

Pembatasan Penerbangan dan Cara Pulihkan Pariwisata dari Corona

Desa Cat Cat di VietnamPrawat Thananithaporn / Shutterstock.com Desa Cat Cat di Vietnam
Wabah virus corona berdampak ke hampir seluruh negara di dunia, termasuk negara-negara Asia Tenggara.

Dampaknya juga paling terasa di sektor pariwisata. Hal ini pun diakui oleh Deputy Presiden ASEAN Tourism Association (ASEANTA) Eddy Krismeidi.

Ia menyebut, dampak tersebut lantaran pembatasan penerbangan yang dilakukan di hampir seluruh dunia, termasuk ASEAN.

"Contohnya Indonesia dan Singapura, (kedua negera) menerapkan hal yang sama dalam hal melarang masuk wisatawan mancanegara maupun hanya transit. Sementara Malaysia dan Vietnam, hanya melakukan pelarangan masuk, sedangkan transit masih diperbolehkan," kata Eddy dalam telekonferensi ASITA, Sabtu (9/5/2020).

Sementara itu, Thailand dan Filipina melakukan pelarangan total untuk menutup semua penerbangan berjadwal internasional maupun domestik.

Ia mencontohkan banyak negara menutup akses wisatawan mancanegara yang datang, baik masuk ataupun hanya sekadar transit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com