Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virtual Tour Mendaki ke Empat Gunung di Indonesia, Simak Caranya

Kompas.com - 28/05/2020, 09:25 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Virtual tur menjadi peluang bagi sektor pariwisata untuk tetap berjalan di masa pandemi virus corona.

Oleh karena itu, beragam komunitas menciptakan alternatif wisatawan agar tetap bisa berwisata meski hanya dari rumah--melalui virtual.

Kali ini, salah satu komunitas yang bergerak di wisata alam--Main Outdoor, mengajak masyarakat yang rindu mendaki untuk virtual tour ke empat gunung di Indonesia.

Co-Founder Main Outdoor, Rahman Mukhlis mengatakan, tur virtual ini digelar sebagai langkah terobosan baru dari terhentinya aktivitas wisata gunung karena virus corona.

"Ini bagian inovasi produk wisata gunung yang biasanya offline, karena kondisi saat ini, terbatas aktivitas sosial, dan usaha industri pariwisata menjadi terhambat. Kita perlu ada terobosan produk," kata Rahman saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Gunung Kidul Siapkan Protokol Kesehatan di Tempat Wisata

Selain itu, virtual tur ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat, pengguna jasa wisata gunung, agar tetap mendapatkan sarana rekreasi dari lokasi yang terbatas selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Jadi agar semua tetap dapat merasakan sensasi wisata gunung, melalui virtual," tambahnya.

Terdapat empat gunung yang akan menjadi tujuan pendakian virtual di antaranya Gunung Rinjani, Gunung Prau, Gunung Semeru, dan Gunung Papandayan.

Acara Main Virtual Tour ini akan terselenggara setiap Sabtu, mulai 30 Mei 2020. Pada minggu pertama pendakian, peserta akan diajak mendaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian pada Minggu kedua, Sabtu (6/6/2020), peserta akan diajak mendaki Gunung Prau, Jawa Tengah.

Minggu ketiga, Sabtu (13/6/2020), peserta bergerak ke Jawa Timur dengan mendaki Gunung Semeru. Pada pekan terakhir, peserta akan diajak mendaki Gunung Papandayan Jawa Barat, Sabtu (20/6/2020).

Pendakian virtual akan terselenggara setiap Sabtu, pukul 19.00 hingga pukul 21.00 WIB, dan akan dipandu oleh pemandu profesional, di antaranya Rahman Mukhlis dan Nur Wahyu Widayatno selaku Founder Main Outdoor.

Baca juga: Virtual Tour ke Lombok, Jelajah Tiga Gili dan Gunung Rinjani

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com