Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Golgappa? Makanan India yang Muncul pada Film 'Rab Ne Bana Di Jodi'

Kompas.com - 28/05/2020, 16:16 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - India terkenal kaya akan kuliner street food-nya yang juga kerap muncul pada film-filmnya.

Seperti pada salah satu adegan film 'Rab Ne Bana Di Jodi' terlihat Raj Kapoor (Shah Rukh Khan) dan Tania "Taani" Gupta (Anushka Sharma) terlihat menyantap dan berlomba makan golgappa.

Baca juga: Asal Usul Golgappa, Makanan India yang Disantap Shah Rukh Khan pada Film Rab Ne Bana Di Jodi

Lantas sebenarnya apa itu golgappa?

Melansir Taste Atlas, kudapan ini juga disebut pani puri. Pani puri adalah street food yang sangat populer di India, Bangladesh, Pakistan, dan Nepal.

Sebutan golgappa berasal dari India Utara, gol mengacu pada cangkang renyah, dan gappa mengacu pada proses makannya yang biasanya dimakan sekali lahap.

Sementara itu, pani puri merupakan istilah yang umumnya dikenal oleh masyarakat dunia.

Golgappa berukuran kecil, berbentuk bulat berongga yang digoreng hingga renyah. Berisi saus chutney khas India, bumbu chaat masala yang dicampur dengan kentang, bawang, cabai panas, dan buncis.

Ilustrasi laddoo atau dikenal juga dengan sebutan boondie laddu, kuliner khas India. SHUTTERSTOCK/INDIAN CREATIONS Ilustrasi laddoo atau dikenal juga dengan sebutan boondie laddu, kuliner khas India.

Tidak ketinggalan, boondi menjadi salah satu isian wajib golgappa.

Boondi adalah jajanan khas India yang berbentuk bola bundar kecil yang terbuat dari besan atau tepung khas India. Rasa dari boondi sedikit asin dan manis.

Baca juga: Resep Membuat Golgappa, Makanan India pada Film Rab Ne Bana Di Jodi

Golgappa disajikan dengan saus asam, manis, dan asin yang berwarna hijau.

Dipercaya bahwa pani puri berasal dari kota Uttar Pradesh dan secara bertahap menyebar popularitasnya ke seluruh negeri India dan di luarnya.

Sajian ini merupakan makanan yang wajib hadir dalam sebuah perayaan pameran besar seperti festival, hingga dalam upacara pernikahan.

Dikutip dari The Culture Trip, jika di Mumbai, sajian ini dimodifikasi dengan varietas ragda atau kari kacang putih tebal dan saus bercita rasa asam, manis dan asin.

Baca juga: Tak Sulit Membuat Kari Ayam Khas India, Ini Resepnya

Di Madhya Pradesh, golgappa diisi dengan kentang yang ditumbuk ditambahkan ke-puri goreng berlubang, tanpa boondi atau jajanan khas bercitarasa manis serta teksturnya renyah. 

Di Gujarat, orang dapat menemukan isian golgappa yang diisi kentang dengan potongan dadu.

Kentang tersebut digunakan sebagai pengganti kentang tumbuk dan beberapa moong atau kacang. Di Bangalore, bawang bombai menjadi isian umum untuk pani puri atau golgappa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com