Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protokol New Normal untuk Staycation di Hotel, Seperti Apa?

Kompas.com - 03/06/2020, 09:56 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa selama fase new normal, tren pariwisata akan bergeser karena pandemi virus corona (Covid-19).

Melalui rapat kabinet terbatas, Kamis (28/5/2020), Jokowi mengatakan bahwa masyarakat akan memilih pariwisata yang tidak melibatkan banyak orang. Salah satunya adalah staycation.

“Referensi hiburan akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak banyak orang, seperti solo travel tour, wellness tour, termasuk di dalamnya juga virtual tourism serta staycation,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Prediksi Tren Staycation, Bagaimana Tanggapan Asosiasi Hotel?

Staycation adalah liburan di dalam kota itu sendiri. Biasanya wisatawan hanya pelesiran di tempat wisata yang dekat dari rumahnya. Salah satu konsep lazim dari staycation adalah menginap di hotel saat akhir pekan.

Beberapa sektor bisnis sudah mempersiapkan protokol pencegahan Covid-19 di lingkungan kerjanya untuk masa era new normal.

Hal ini termasuk industri hotel. Salah satu jaringan hotel nasional, Santika Indonesia Hotels & Resorts, juga sudah memiliki panduan terkait new normal.

Assistant Corporate Marcomm Manager Santika Indonesia Hotels & Resorts, Prita Gero, menuturkan salah satu yang termasuk dalam panduan tersebut adalah para tamu yang datang ke hotel harus melalui dua kali proses pengecekkan suhu tubuh.

“Dari depan saat masuk pintu gerbang hotel, dan juga sebelum masuk pintu lobi. Alas kaki, barang bawaan, dan roda koper juga harus disemprot dengan disinfektan,” tutur Prita dalam acara Travel Talk bertema “Staycation di Hotel dengan Protokol New Normal, Bakal Seperti Apa?” yang berlangsung pada Selasa (2/6/2020) di Live Instagram @kompas.com pukul 17:00 WIB.

Baca juga: Santika Online Travel Fair, Harga Kamar Mulai dari Rp 200.000 Per Malam, Mau?

Berikut protokol new normal untuk staycation di jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts yang telah Kompas.com rangkum, selain yang telah disebutkan di atas:

Protokol untuk tamu

  1. Pemberian satu set alat kesehatan seperti masker dan sarung tangan karet saat penjemputan di bandara.
  2. Tamu harus menggunakan masker sebelum memasuki area hotel.
  3. Tamu harus menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki lobi hotel.
  4. Disarankan memakai sarung tangan latex saat proses check-in ketika menggunakan alat-alat yang digunakan besama (mesin EDC, pulpen, dll).
  5. Disarankan memakai sarung tangan latex saat proses check-in ketika melakukan menyerahkan KTP atau ponsel untuk pemberian bukti pemesanan kamar.
  6. Menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menggunakan alat-alat yang digunakan bersama, serta saat menyerahkan KTP atau ponsel.
  7. Jika resepsionis ramai, tamu dianjurkan untuk duduk di tempat yang sudah disediakan sesuai peraturan jaga jarak di setiap hotel.
  8. Penggantian seprei dan handuk disarankan dilakukan dua hari sekali bagi yang menginap jangka panjang.
  9. Tamu harus menuju pintu lobi atau pintu gerbang hotel untuk mengambil pesanan yang diantar ojek daring.

Baca juga: 7 Alasan Staycation Jadi Pilihan Liburan Setelah Pandemi Corona

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com