Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Louvre di Perancis Dibuka Juli 2020, Ada Protokol Kesehatan

Kompas.com - 03/06/2020, 19:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comMuseum Louvre di Paris, Perancis akan dibuka kembali pada 6 Juli 2020. Mengutip Channel News Asia, museum tersebut memiliki protokol baru guna menyambut era new normal.

Protokol tersebut seperti sistem pemesanan, serta petunjuk baru dalam museum yang akan menawarkan keamanan maksimum kepada pengunjung.

Baca juga: Perancis dan Jerman Jadi Destinasi Wisata Favorit Pemohon Visa Schengen

Mereka juga akan meminta pengunjung untuk mengenakan masker, serta melakukan jaga jarak.

“Walaupun ada kemungkinan untuk menemukan harta Louvre secara virtual selama lockdown, tidak ada yang bisa menggantikan perasaan saat berdiri di depan sebuah karya seni. Ini adalah alasan penting dari museum,” kata direktur Louvre, Jean-Luc Martinez, mengutip Channel News Asia.

Tercatat, mulai dari 12 Maret – 22 Mei, situs Louvre telah mencapai 10,5 juta pengunjung. Adapun total pengunjung situs pada 2019 adalah 14,1 juta.

Ilustrasi taman - Patung Julius Caesar yang terdapat di taman Tuileries di depan Museum Louvre, Perancis.PIXABAY Ilustrasi taman - Patung Julius Caesar yang terdapat di taman Tuileries di depan Museum Louvre, Perancis.

Per hari, angka kunjungan virtual bisa mencapai 330.000, bahkan hampir mendekati 400.000. Sementara sebelum pandemi virus corona, pengunjung virtual biasanya hanya 40.000 per hari.

Sementara museum baru akan dibuka Juli mendatang, mereka menuturkan, Taman Tuileries yang berada di depan bangunan akan dibuka pada Minggu, 31 Mei.

Baca juga: Selain Menara Eiffel, Kunjungi 6 Wisata Populer di Paris Ini

Kendati demikian, permainan dan acara perkumpulan yang terdiri dari lebih dari 10 orang akan dilarang. Sebelumnya, baik museum maupun taman telah tutup sejak 13 Maret.

Pemberitahuan ini mengikuti langkah baru yang diungkapkan oleh Perdana Menteri Edouard Philippe, Kamis (28/5/2020), untuk melonggarkan lockdown.

 

Ilustrasi kastil - Kastil Chambord di Perancis.PIXABAY Ilustrasi kastil - Kastil Chambord di Perancis.
Situs bersejarah dan museum lainnya akan dibuka secara bertahap

Menteri Kebudayaan Franck Riester menuturkan, melalui sebuah pernyataan, situs-situs bersejarah dan museum di Perancis akan dibuka secara perlahan pada awal Juni hingga pertengahan Juli.

 

Pembukaan bertahap dimulai dari Kastil Chambord di pada 5 Juni, dan Istana Versailles pada 6 Juni.

Baca juga: Sejarah Masjid Tertua di Paris, Penghormatan untuk Pejuang Muslim

Sementara Quai Branly Museum of Indigenous Civilisations akan dibuka kembali pada 9 Juni, dan Musee d’Orsay akan dibuka pada 23 Juni.

Selanjutnya, Grand Palais akan memulai pameran besar tentang Pompeii pada 1 Juli.

Eskalator yang berada di depan Centre Pompidou juga akan mulai membawa wisatawan ke pertunjukan seni modernnya.

Pada minggu ketiga Juli, museum Picasso juga akan dibuka kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com