Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran Steak Terkenal di Perancis Buka Kembali, Diserbu Ratusan Pelanggan

Kompas.com - 03/06/2020, 22:25 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber Reuters,AFP

KOMPAS.com - Restoran, kafe, dan bar di Perancis buka kembali sejak Selasa (2/6/2020), sebelumnya tutup selama lebih kurang 3 bulan.

Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Perancis karena kasus infeksi virus corona telah menurun, seperti dilansir dari Reuters.

La Prison du Bouffay, salah satu restoran di Perancis yang buka kembali. Biasanya mereka buka saat jam makan siang dan tutup sebelum tengah malam.

Namun khusus untuk momen pertama kali buka semenjak lockdown, restoran steak terkenal tersebut buka pada tengah malam. Sekitar 100 pelanggan rela antre demi dapat menikmati momen makan di luar.

"Kami senang melihat para pelanggan dan mereka pun mendukung kami," ujar Jean-Pierre Le Bot, co-owner Prison du Bouffay seperti mengutip Reuters.

"Sangat menyenangkan bisa melihat begitu banyak orang (pelanggan) bahagia," lanjutnya.

Mengingat adanya aturan physical distancing, terdapat sejumlah perubahan di Prison du Bouffay.

Meja ditata di bagian luar restoran supaya sirkulasi udara lebih lancar. Pelayan menggunakan masker dan mereka membersihkan meja memakai disinfektan setelah pelanggan pulang.

Selain itu, tersedia hand sanitizer di posisi yang mudah dijangkau pelanggan.

 

Warga Paris bisa ngopi pagi lagi di kafe

Ilustrasi kafe di Paris buka kembali. AFP/SEBASTIEN BOZON Ilustrasi kafe di Paris buka kembali.

Sementara itu, restoran dan kafe di Paris yang buka kembali juga dipenuhi pelanggan. Melansir AFP, warga Paris bisa ngopi pagi lagi di kafe teras yang tersebar di ibu kota Perancis ini.

Kafe tersebut menyediakan meja di bagian luar supaya bisa memenuhi aturan jaga jarak aman.

"Menyenangkan sekali (ngopi lagi), kami bangun hari ini hanya untuk menikmati ngopi lagi. Kami mengapresiasi ini semua, kami sangat bahagia," ujar Charlotte, salah satu pelanggan yang ngopi di kafe dekat Canal Saint-Martin.

"Rasanya seperti mendapatkan kebebasan kembali, ya seperti inilah," ungkap pelanggan lain bernama Philippe.

Orang makan dan minum di teras restoran cafe Le Compat di Paris, Perancis, 2 Juni 2020. Cafe dan restoran kembali buka setelah Perancis melonggarkan kebijakan lockdown di negara tersebut.AFP/BERTRAND GUAY Orang makan dan minum di teras restoran cafe Le Compat di Paris, Perancis, 2 Juni 2020. Cafe dan restoran kembali buka setelah Perancis melonggarkan kebijakan lockdown di negara tersebut.

Selain membuka kembali restoran, pemerintah Perancis juga mengizinkan warganya untuk berjemur di pantai dan aturan travel ban lebih dari 100 kilometer pun dicabut.

Kendati demikian, Perancis masih menghadapi masa yang berat ke depannya mengingat perekonomiannya diperkirakan menurun sebesar 11 persen tahun ini akibat pandemi corona (Covid-19).

Sebelumnya terdapat lebih kurang 29.000 kasus kematian akibat virus corona, sehingga Perancis menjadi negara ke-5 dengan korban terbanyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com