Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata Lhokseumawe Buka, Diawasi Sesuai Protokol Covid-19

Kompas.com - 08/06/2020, 21:49 WIB
Masriadi ,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, resmi membuka obyek wisata di seluruh kecamatan dalam kabupaten itu.

Namun, pemerintah memastikan seluruh pengunjung menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti mengenakan masker, jaga jarak, dan tersedia hand sanitizer.

Baca juga: Tempat Wisata Lhokseumawe Tetap Buka di Tengah Wabah Corona

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Lhokseumawe, Diana Rosa, menyebutkan timnya sudah menggelar rapat gabungan dengan seluruh instansi tentang pembukaan obyek wisata di kota itu.

“Nanti setiap obyek wisata ditentukan ada satu koordinator yang bertanggung jawab penuh keamanan dan ketertiban objek wisata. Pengelolaan setiap objek wisata di serahkan kepada muspika (camat, koramil dan kapolsek),” katanya.

Sedangkan posisi Pemerintah Kota Lhokseumawe sebagai pengawas untuk seluruh obyek wisata itu.

Alat hidangan penganan pengantin baru koleksi Museum Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/10/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Alat hidangan penganan pengantin baru koleksi Museum Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/10/2019)

“Nanti akan dibuatkan detail maklumat Wali Kota Lhokseumawe tentang standar obyek wisata dengan kaitannya protokol kesehatan Covid-19. Kami harap, masyarakat tetap patuh protokol kesehatan walau sedang berwisata,” katanya.

Dia menyebutkan, obyek wisata pantai, gunung, dan sejarah juga diberlakukan aturan yang sama.

“Prinsipnya silakan ke obyek wisata, namun tetap patuh protokol kesehatan. Ini untuk kebaikan diri sendiri dan keluarga serta wisatawan di lokasi wisata,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya menutup seluruh obyek wisata untuk menghindari kerumuman masyarakat dan memangkas rantai penyebaran virus corona. Dua bulan terakhir obyek wisata tanpa kegiatan. Bahkan dipasang portal penutup jalan agar masyarakat tidak ke lokasi wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com