Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Masih Kecil, Banyak Hotel Masih Tutup

Kompas.com - 19/06/2020, 12:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) telah mengeluarkan Buku Panduan Normal Baru Hotel dan Restoran Dalam Pencegahan Covid-19 pada 1 Juni 2020.

Buku tersebut berisi standar kesehatan dan kebersihan yang harus diterapkan oleh karyawan dan tamu hotel.

Ketua PHRI Haryadi Sukamdani dalam acara peluncuran virtual tiket CLEAN milik Tiket.com, Rabu (17/6/2020) mengatakan, sudah ada banyak hotel yang menerapkan panduan kebersihan dan kesehatan yang dikeluarkan oleh PHRI.

Baca juga: PHRI Rilis Panduan New Normal untuk Karyawan Hotel, Simak Aturannya

Namun, ia mengakui ada beberapa hotel yang masih tutup meski sudah siap beroperasi dengan standar kesehatan tersebut

“Mereka butuh kepercayaan dari masyarakat. Teman-teman di daerah sudah siap, cuma belum mau buka sekarang karena permintaan masih kecil,” kata Haryadi.

Haryadi menjelaskan rata-rata hotel tersebut masih menunggu untuk buka pada awal Juli.

“Kalau buka sekarang akan rugi karena operational cost tidak tertutup,” imbuhnya.

Kamar Studio 25, artwork by Radhinal Indra di Hotel de Braga by Artotel, hotel baru dari Artotel Group dibuka pada 18 Agustus 2018 di Jalan Braga No.10, Bandung, Jawa Barat. DOK. Artotel Group Kamar Studio 25, artwork by Radhinal Indra di Hotel de Braga by Artotel, hotel baru dari Artotel Group dibuka pada 18 Agustus 2018 di Jalan Braga No.10, Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu, COO Artotel Group, Eduard Rudolf Pangkerego, menuturkan bahwa kesehatan dan kebersihan merupakan hal yang sudah biasa bagi industri perhotelan.

“Sebelum ada wabah, SOP hotel sudah mengutamakan hal-hal ini. Sekarang kita semakin naikan level standar clean dan hygiene. Usai pandemi, kita akan tetap lakukan,” kata Eduard dalam kesempatan yang sama.

Eduard menegaskan bahwa perhotelan tidak akan mengendorkan standar kebersihan dan kesehatan karena keduanya adalah bagian dari bisnis.

Baca juga: Sulitnya Yakinkan Turis untuk Kembali Menginap di Hotel

Menurut Eduard, Standar kebersihan dan kesehatan di hotel bisa saja dilonggarkan tetapi pelaksanaan harus tetap seperti masa pandemi.

“Tapi gayanya jangan menakutkan. Misalnya masker, kita lihat banyak yang sudah menjadi bagian dari lifestyle dengan desainnya yang unik. Mungkin nanti sarung tangan juga bisa seperti itu,” tutur Eduard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com