Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkitkan Ekonomi, Jepang Cabut Pembatasan Perjalanan Domestik

Kompas.com - 21/06/2020, 10:13 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

Sumber Reuters


JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang mencabut semua pembatasan perjalanan domestik akibat Covid-19 pada Jumat (19/6/2020). Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan bahwa warga Jepang dapat kembali bepergian atau menghadiri konser dan acara lainnya.

Melansir Reuters, tujuan Jepang mencabut pembatasan ini untuk membantu perekonomian negara bangkit kembali dari pandemi.

Baca juga: Mulai New Normal, Jepang Buka Kembali Restoran, Tempat Hiburan dan Pertokoan

Dua maskapai besar Jepang yaitu ANA dan Japan Airlines menerangkan, mereka memulai kembali beberapa penerbangan domestik karena permintaan meningkat.

Namun, keduanya mengatakan jadwal penerbangan di bulan Juli hanya setengah dari apa yang mereka rencanakan sebelum pandemi.

Pada Mei 2020, Jepang mulai mencabut lockdown ketika infeksi Covid-19 menurun. Adapun pelonggaran terbaru pada Kamis kemarin, telah memungkinkan orang untuk kembali bekerja.

Selain itu, bar dan restoran juga kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan dan langkah-langkah jarak sosial.

"Saya ingin orang-orang, sambil menjaga jarak sosial, untuk melakukan perjalanan wisata. Kami ingin Anda melakukan upaya untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan ekonomi," kata Abe dalam pidatonya, seperti dikutip dari Reuters.

Arashiyama Bamboo Forest, wisata populer di Kyoto, Jepang. SHUTTERSTOCK/GUITAR PHOTOGRAPHER Arashiyama Bamboo Forest, wisata populer di Kyoto, Jepang.

Sementara itu, Jepang juga mencatat hanya 1.700 orang asing tiba pada Mei 2020. Perolehan tersebut merupakan jumlah terendah untuk tahun ini sejak 1964, menurut Organisasi Pariwisata Nasional Jepang.

Hal ini karena masih banyaknya orang yang menghindari keramaian dan sebagian besar perjalanan ke Jepang masih terbatas.

Selain mengakhiri larangan perjalanan domestik, Jepang juga memungkinkan hingga 1.000 orang untuk berkumpul di acara indoor dan outdoor.

Adapun tim baseball profesional Jepang juga akan memulai kembali permainan pada Jumat, meski tanpa penonton.

Hingga Kamis, melansir Reuters, Jepang telah mencatat 17.789 kasus Covid-19 baru dengan 948 kematian, menurut penyiar publik NHK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com