Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Ciremai Mulai Dibuka, Hanya untuk Trekking Satu Hari

Kompas.com - 26/06/2020, 12:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuswandono mengatakan, kegiatan wisata alam trekking dan tempat makanan minuman di TNGC akan dibuka mulai Jumat (26/6/2020) dan Sabtu (27/6/2020).

Pada Jumat, pembukaan akan dilakukan untuk TNGC yang berada di Kabupaten Kuningan, sedangkan Sabtu dibuka untuk Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kuswandono dalam webinar Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) bertajuk "Mendaki Gunung Aman dan Sehat di Masa Pandemi", Kamis (25/6/2020).

"Rencananya akan kami buka Jumat 26 Juni untuk Kabupaten Kuningan, dan baru Sabtu 27 Juni untuk Kabupaten Majalengka karena Bupati Majalengka mengizinkan pembukaan di tanggal tersebut," kata Kuswandono.

Baca juga: Ini Daftar 29 Kawasan Pariwisata Alam yang Siap Dibuka

Adapun keputusan untuk membuka kembali TNGC diperoleh dari berbagai rekomendasi baik daerah maupun pusat yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ia menjelaskan, TNGC telah mendapat rekomendasi pembukaan yang mengacu Surat Edaran (SE) Bupati Kuningan tanggal 18 Juni, Bupati Majalengka tanggal 23 Juni, Keputusan KLHK tanggal 23 Juni, SE Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) tanggal 23 dan 25 Juni.

"Alhamdulillah, Gunung Ciremai termasuk yang diizinkan untuk dibuka kalau semua syarat sudah dipenuhi," ujarnya.

Lantas, apa saja syarat pembukaan Gunung Ciremai?

Menurut Kuswandono, syarat utama adalah tentu menerapkan protokol kesehatan baik petugas maupun pengunjung wisata.

Namun, ada hal yang lebih penting lagi yaitu tidak adanya pendakian pada tahap pertama pembukaan.

Ia mengatakan, pendakian Gunung Ciremai yang biasanya berlangsung dua hari satu malam yang artinya ada kegiatan menginap, tidak dapat diselenggarakan sementara waktu.

Pendaki di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki di area puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pihak TNGC hanya mengizinkan pengunjung untuk melakukan trekking one day trip atau satu hari.

"Kita pastikan bahwa pendakian belum dibuka pada tahap pertama, untuk menggairahkan rekan-rekan pengelola pendakian, kami kembangkan jalur trekking di jalur pendakian. Namun tetap mengacu protokol umum di sini, bahwa kegiatan itu tidak menginap," jelasnya.

Ia mengungkapkan, para pendaki bisa berkegiatan trekking mulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Baca juga: Masih Tutup, Gunung Ciremai Umumkan Kuota Pengunjung

Oleh karena tidak diizinkannya pendakian pada tahapan pertama pembukaan, Kuswando menyatakan trekking hanya dapat dilakukan sampai batas tertentu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com