Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pilihan Wisata Alam di Magelang yang Tak Boleh Dilewatkan

Kompas.com - 29/06/2020, 18:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Era new normal membuat perubahan tren berwisata. Wisatawan diprediksi cenderung lebih memilih wisata alam.

Alasannya untuk kebutuhan wisata, menjaga kebugaran dengan dan lebih dekat dengan alam.

Indonesia memiliki ragam pilihan wisata alam yang dapat dikunjungi, salah satunya berada di  Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, daerahnya memiliki wisata alam yang menyuguhkan berbagai macam kegiatan wisata.

Baca juga: Pilihan Wisata Alam di Magelang, Ada Apa Saja?

Pilihannya, wisatawan bisa melakukan rafting sungai, trekking, hingga naik gunung.

“Kami memiliki banyak sekali. Rafting di Sungai Elo, ini siap untuk dikunjungi, downhill di lereng Merapi. Suasananya cukup menantang,” kata Zaenal dalam webinar Jawa Tengah Tourism Forum bertajuk “Adventure Tourism Promotion and Marketing Strategies Under Covid-19/New Normal”, Kamis (25/6/2020).

Lantas mana saja wisata alam di Magelang yang dapat menjadi pilihan untuk berwisata? Berikut Kompas.com rangkum 7 wisata alam di Magelang yang tak boleh dilewatkan di era new normal

Para pemain sepakbola timnas u-23 menikmati arung jeram di Sungai Elo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2013).
 KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Para pemain sepakbola timnas u-23 menikmati arung jeram di Sungai Elo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2013).

Rafting Sungai Elo

Jika kamu ingin memacu adrenalin sembari melihat latar alam Magelang, rafting atau arung jeram di Sungai Elo dapat menjadi pilihan wisata alam.

Sungai Elo yang terletak di Desa Pare, Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang ini memiliki panjang rute sekitar 12 kilometer.

Wisatawan akan disuguhkan tantangan menyusuri sungai arus tinggi menggunakan perahu karet selama kurang lebih 2,5 jam hingga 3 jam.

Baca juga: Menyusuri Keindahan Goa Lalay dengan Body Rafting

Jangan khawatir, sungai ini memiliki tingkat kesulitan grade 2 yang artinya aman untuk anak di atas delapan tahun.

Bahkan aman untuk wisatawan yang tidak bisa berenang, karena peserta atau wisatawan dilengkapi pelampung selama kegiatan rafting.

Tertarik rafting di Sungai Elo? Kamu bisa pilih ragam operator rafting yang tersedia dengan harga paket rata-rata Rp 750.000 per perahu.

Downhill di lereng Gunung Merapi

Gunung Merapi yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki paket wisata alam yang dapat menjadi pilihan. Salah satunya adalah paket wisata alam downhill di lereng gunung.

Jika kamu tertarik memacu adrenalin dengan sepeda gunung, bisa mencoba mengunjungi salah satu tempat favorit dan populer yaitu Jurang Jero Bike Park.

Baca juga: Selain Mendaki, Ini 6 Alternatif Tempat Wisata Sekitar Gunung Merapi

Tempat ini berlokasi di Dusun Ngrogosuko, Srumbung, Magelang dan tepatnya berada dalam lingkup Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero.

Melansir Tribun Travel, trek sepeda di Jurang Jero masuk kategori downhill karena trek dominan menuruni bukit.

Selain itu, sebagaian trek termasuk curam dengan variasi rintangan berupa drop off, table top dan gap jump. Biasanya, pesepeda hanya diminta untuk membeli tiket masuk TNGM yaitu Rp 20.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com