Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ketentuan Pengunjung Museum Nasional Selama Era New Normal

Kompas.com - 30/06/2020, 19:19 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa museum di Jakarta sudah buka, salah satunya adalah Museum Nasional atau yang lebih dikenal dengan Museum Gajah.

Kepala Museum Nasional, Siswanto mengatakan, museum yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat nomor 12 itu sudah buka kembali sejak 16 Juni 2020.

"Sudah buka sejak 16 Juni kemarin, ada protokol yang kami terapkan," kata Siswanto melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Jadwal Buka Museum dan Tempat Wisata di Jakarta pada Masa PSBB Transisi

Ia menerangkan, Museum Nasional dalam melaksanakan layanan publik yaitu menerima kunjungan umum selama masa pandemi, tetap menjaga kesehatan dan keselamatan.

Oleh karena itu, lanjutnya, ada langkah-langkah ketentuan atau prosedur yang berlaku baik untuk petugas maupun pengunjung.

"Ketentuan untuk pengunjung misalnya, harus dalam kondisi sehat, dan harus bersuhu di bawah 37,3 derajat celsius. Pengunjung juga tidak sedang flu, batuk, demam. Jika demikian, maka tidak diperkenankan masuk museum," jelasnya.

Ketentuan berikutnya, pengunjung wajib mengenakan masker, mencuci tangan, serta mengikuti pengukuran suhu tubuh oleh petugas sebelum masuk ke museum.

 

Sementara itu, khusus petugas telah melakukan tes Covid-19 melalui swab dan hasilnya negatif.

"Seluruh pegawai Museum Nasional telah dilakukan test Swab dan hasilnya negatif. Jadi untuk keamanan kesehatan bersama, maka masyarakat tidak perlu ragu," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com