Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jalan-jalan di Malioboro? Simak Panduan Protokol Kesehatannya

Kompas.com - 04/07/2020, 09:15 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut new normal, perlahan-lahan setiap daerah mulai mengizinkan kembali menghidupkan perekonomian, sekaligus pariwisata.

Salah satu contohnya, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Baru-baru ini, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengizinkan sektor wisata, kuliner, dan perhotelan untuk beroperasi kembali.

"Saya komunikasikan juga dengan para bupati, jadi bagi saya tidak ada masalah silakan buka kalau mau buka hotel, rumah makan, objek wisata dan sebagainya silahkan," tegasnya, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kamis (2/7/2020) seperti diberitakan Kompas.com.

Baca juga: Kabar Baik, Hotel hingga Tempat Wisata di DIY Boleh Buka, Ini Penjelasan Sri Sultan

Terkait hal ini, salah satu tempat di mana sektor wisata, kuliner, dan perhotelan berjalan sekaligus yaitu kawasan Jalan Malioboro, dapat diartikan kembali bergeliat.

Tertarik mengunjungi Malioboro meski masih masa pandemi?

Jangan buru-buru, kamu bisa melihat dan mengecek panduan protokol kesehatan masuk Malioboro yang telah Kompas.com rangkum sebagai berikut

Petugas Jogoboro saat mengecek suhu pengunjung Malioboro di pos pemeriksaan bagian Utara.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Petugas Jogoboro saat mengecek suhu pengunjung Malioboro di pos pemeriksaan bagian Utara.

Wajib pakai masker dan suhu tubuh diperiksa

Para pengunjung atau wisatawan yang masuk ke kawasan Malioboro akan mendapat pengawasan kesehatan secara ketat.

Pemerintah Kota Yogyakarta telah membuat dua pos pengawasan yang mana setiap orang masuk ke Malioboro akan diperiksa suhu badannya dan wajib menggunakan masker.

Jika suhu tubuh pengunjung 37,4 derajat celsius ke atas, maka pengunjung tidak diizinkan masuk Malioboro.

Terdapat pagar yang dipasang di sebelah utara jalur pejalan kaki. Pagar tersebut terpasang melintang dan hanya menyisakan ruang di tengah-tengah yang cukup hanya untuk satu orang.

Baca juga: Ada Pos Pemeriksaan, Setiap Orang yang Masuk Malioboro Dicek Suhu Tubuh dan Wajib Pakai Masker

Pada pagar tersebut terpasang spanduk berukuran besar yang bertuliskan "Malioboro zona wajib bermasker. Selama di kawasan Malioboro, masker tidak boleh dilepas".

Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerangkan, ada dua tempat di kawasan Malioboro yang dipasang pagar sebagai gerbang untuk mengecek suhu dan memastikan pengunjung menggunakan masker.

"Sisi utara ditaruh di depan Garuda Hotel (Grand Inna Malioboro), selatan di seberang Ngejaman," ujar Heroe Poerwadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com