Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 KA Jarak Jauh dari Jakarta yang Beroperasi Mulai 10 Juli

Kompas.com - 09/07/2020, 19:12 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menambah lima perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) untuk tujuan Bandung, Cirebon, dan Surabaya yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, tambahan lima perjalanan KAJJ ini di antaranya tiga perjalanan KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pp, KA Bima Gambir-Malang pp, dan KA Sembrani Gambir-Surabaya Pasar Turi pp.

"Kelima KA tersebut hanya akan dioperasikan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Mulai tanggal 10, 11, 12, 17, 18, 19, 24, 25, 26, 30, dan 31 Juli 2020," kata Eva seperti dikutip rilis.

Sebelumnya sejak 12 Juni lalu hingga kini, Daop 1 telah mengoperasikan lima perjalanan KAJJ secara bertahap.

Baca juga: KAI Tambah 3 KA Jarak Jauh dari dan ke Jakarta, Ini Jadwalnya

Lanjutnya, dengan penambahan lima perjalanan KAJJ berikutnya, maka secara keseluruhan mulai 10 Juli terdapat 10 perjalanan KAJJ dari area Daop 1.

Terkait pemesanan tiket, Eva menjelaskan, penumpang bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya mulai H-7 keberangkatan.

Petugas berjalan di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas berjalan di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.

"KAI mengimbau masyarakat untuk melakukan pemesanan di KAI Access agar mendapatkan kemudahan di KAI Access agar mendapatkan kemudahan ekstra seperti fitur e-boarding pass, reduksi online, reschedule online, dan cancellation online," jelasnya.

Berikut seluruh jadwal keberangkatan KAJJ yang beroperasi di area Daop 1 Jakarta mulai Jumat (10/7/2020):

Dari Stasiun Gambir

  1. KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp) Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.10 WIB dan Bekasi pukul 07.45 WIB.
  2. KA Turangga (Gambir - Bandung- Surabaya Gubeng pp) Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 14.00 WIB dan Bekasi pukul 14.32 WIB.
  3. KA Bima (Gambir - Malang pp) Berangkat dari Stasiun Gambir pukul 16.40 WIB dan Bekasi pukul 17.16 WIB.
  4. KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp) Keberangkatab dari Stasiun Gambir pukul 17.45 WIB dan Bekasi pukul 18.18 WIB.
  5. KA Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi pp) Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 19.00 WIB dan Bekasi pukul 19.35 WIB.
  6. KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp) Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.45 WIB dan Bekasi pukul 19.18 WIB.

Dari Stasiun Pasar Senen

  1. KA Bengawan (Pasar Senen-Cirebon Prujakan-Purwosari pp) Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.30 WIB dan Bekasi 06.56 WIB.
  2. KA Tegal Ekspress (Pasar Senen-Cirebon Prujakan-Tegal pp) Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 07.40 WIB, Bekasi 08.07 dan Cikampek pukul 08.56 WIB.
  3. KA 322 Serayu (Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto pp) Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 09.15 WIB, Bekasi pukul 09.47 WIB, Karawang pukul 10.21 WIB, Cikampek pukul 10.42 WIB.
  4. KA Kertajaya (Pasar Senen-Cirebon Prujakan- Surabaya Pasarturi pp) Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 14.10 WIB dan Bekasi pukul 14.42 WIB.

PT KAI juga menambahkan Kereta Luxury pada rangkaian KA Sembrani dan Argo Parahyangan setelah sebelumnya dirangkaikan pada KA Turangga relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp.

Petugas berjaga di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas berjaga di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.

Baca juga: 3 KA Jarak Jauh Tetap Beroperasi hingga 31 Juli, Simak Jadwalnya

Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi mengatakan, hal ini untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada para pelanggan kereta api selama dalam perjalanan.

“KAI menambah layanan KA Jarak Jauh Komersial kelas Luxury, Eksekutif, Ekonomi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan new normal yang ketat,” ujar Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com